alexametrics

Sindrom Malabsorbsi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Rifan Aditya
Sindrom Malabsorbsi, Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
Razzy tak bisa makan di usianya yang ke-4 tahun. Razzy menginap penyakit langka. (YouTube Liana Ners)

Berikut pengertian sindrom malabsorbsi, penyebab, gejala, dan pengobatannya.

Suara.com - Seorang bocah bernama Razzy (4 tahun) mengidap penyakit langka yang menyebabkan dirinya tak bisa menyantap makanan. Kisah tersebut diunggah oleh kanal Youtube Liana Ners. Penyakit ini membuat tubuhnya tak mampu mencerna makanan.

Selama 4 tahun usianya, Razzy hanya diperbolehkan minum susu khusus yang rasanya pahit. Razzy didiagnosa mengalami kelainan pencernaan. Dalam hal ini, Razzy menjadi tak mampu mencerna makanan yang ditelannya. Apa yang diderita Razzy ini disebut dengan sindrom malabsorbsi.

Berikut pengertian sindrom malabsorbsi, penyebab, gejala, dan pengobatannya.

Pengertian Sindrom Malabsorbsi

Baca Juga: 6 Fakta Bocah 4 Tahun Razzy Idap Penyakit Langka, Tidak Bisa Makan

Sindrom malabsorpsi merupakan sekumpulan gejala yang disebabkan oleh gangguan penyerapan yang oleh beberapa nutrisi di usus halus. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya peradangan usus.

Jika tak segera ditangani, sindrom malabsorpsi ini dapat mengakibatkan penderitanya kekurangan zat gizi atau malnutrisi. Selain itu, apabila hal ini terjadi pada anak-anak maka bisa memengaruhi tumbuh kdembang si kecil.

Tanda bahwa anak mengalami malabsorbsi ialah berat badannya cenderung rendah dibandingkan anak-anak lain seusianya.

Penyebab Sindrom Malabsorbsi

Umumnya, proses pencernaan dan penyerapan makanan di dalam perut melalui tiga tahap sebelum dicerna sempurna yakni pengolahan makanan lewat usus, penyerapan nutrisi oleh lapisan mukosa usus, dan mengalirkan zat nutrisi ke seluruh tubuh melalui darah.

Baca Juga: Penyakit Langka: Bocah 4 Tahun Tak Pernah Bisa Makan

Namun, jika seseorang mengalami malabsorbsi maka terjadi gangguan pada salah satu atau lebih antara tiga tahapan tersebut. Meski begitu, beberapa penyakit yang diderita seseorang juga bisa menyebabkan malabsorbsi, seperti:

Komentar