alexametrics

Ternyata Begini Efek Samping Jahe dan Kunyit Ketika Dikonsumsi Bersamaan

Arendya Nariswari
Ternyata Begini Efek Samping Jahe dan Kunyit Ketika Dikonsumsi Bersamaan
Ilustrasi jahe - (Pixabay/Brett_Hondow)

Hobi konsumsi jahe dan kunyit secara bersamaan, simak penjelasan berikut ini agar tubuh tetap sehat.

Suara.com - Dalam dunia pengobatan herbal, sudah tidak diragukan lagi memang jika kunyit dan jahe selalu menjadi primadona.

Bukan tanpa alasan, baik kunyit maupun jahe memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan.

Jahe dan kunyit telah dikenal turun termurun. Keduanya punya manfaat tersendiri. Misalnya jahe yang memiliki sifat obat yang berasal dari senyawa fenolik, termasuk gingerol, bahan kimia yang dianggap memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Sedangkan kunyit dikenal sebagai Curcuma longa, termasuk dalam famili tumbuhan yang sama dan sering digunakan sebagai bumbu masakan India. Kunyit mengandung senyawa kimia kurkumin, yang telah terbukti membantu dalam mengobati dan mencegah beberapa kondisi kronis.

Baca Juga: Biasa untuk Pria, Begini Efeknya Jika Obat Kuat Viagra Dikonsumsi Perempuan

Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)
Kunyit, Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah. (Shutterstock)

Meski punya keunggulan masing-masing, namun dua herba yang dicampur untuk dikonsumsi bersamaan tentu punya efek samping. Melansir dari Hops.id----Jaringan Suara.com, berikut ini efek samping jahe dan kunyit jika dikonsumsi bersamaan.

  • Penderita diabetes

Jahe Bisa kendalikan gula dalam darah dan bermanfaat bagi pasien diabetes. Namun dalam penggunaan yang berlebihan sementara sedang mengonsumsi obat diabetes sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter.

  • Dosis tinggi bisa berakibat diare hingga sakit kepala

Selain itu, perlu diingat bahwa bubuk kunyit hanya terdiri dari sekitar 3 persen kurkumin dari beratnya, jadi Anda perlu mengonsumsi dalam jumlah yang sangat besar atau menggunakan suplemen untuk mencapai dosis yang ditemukan di sebagian besar penelitian.

Dalam dosis tinggi, kurkumin telah dikaitkan dengan efek samping seperti ruam, sakit kepala, dan diare.

  • Pengencer darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jahe dapat menurunkan pembekuan darah dan dapat mengganggu pengencer darah bila digunakan dalam jumlah tinggi. Efek mengencerkan darah dari jahe berasal dari senyawa salisilat.

Baca Juga: 5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Hati-hati buat yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah. Jahe bagi penderita penyakit pembuluh darah Penderita penyakit pembuluh darah seperti jantung dan stroke yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah juga perlu berhati-hati mengonsumsi jahe.

Komentar