alexametrics

Segar dan Menyehatkan, Ini Manfaat Konsumsi Air Kelapa di Pagi Hari

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Segar dan Menyehatkan, Ini Manfaat Konsumsi Air Kelapa di Pagi Hari
Air kelapa (Shutterstock)

Ada banyak manfaat meminum air kelapa dalam kondisi perut kosong. Apa saja?

Suara.com - Air kelapa, atau yang seringnya kita sebut dengan air degan, sangat enak dikonsumsi dalam kondisi dingin dan cuaca panas. Selain menyegarkan, air kelapa juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Berdasarkan NDTV Food, air kelapa mengandung enzim serta mineral alami. Air ini juga rendah kalori sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Meminumnya dalam keadaan perut kosong di pagi hari, terlebih sebelum sarapan, dinilai dapat membantu meningkatkan kekebalan, memulai metabolisme, dan memfasilitasi penurunan berat badan.

Mengonsumsi sebelum makan juga akan membuat perut lebih kenyang, mencegah Anda makan secara berlebihan.

Baca Juga: Perhatian! Madu Bisa Jadi Racun Jika Dicampur Air Panas

Sebenarnya air kelapa dapat dikonsumsi kapan saja. Anda akan tetap mendapat berbagai manfaat air kelapa sebagai berikut:

Ilustrasi air kelapa. [Shutterstock]
Ilustrasi air kelapa. [Shutterstock]

1. Memiliki sifat antioksidan

Melansir Healthline, sebuah penelitian terhadap hewan yang terpapar racun menunjukkan air kelapa mengandung antioksidan yang dapat mengubah radikal bebas sehingga tidak lagi membahayakan.

Studi lain terhadap tikus dengan kerusakan hati, menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada stres oksidatif yang disebabkan oleh banyaknya radikal bebas ketika diobati dengan air kelapa.

2. Kemungkinan bermanfaat dalam melawan diabetes

Baca Juga: Ketahui 5 Kebiasaan Aneh Buang Air Besar, Ternyata Ini Faktor Penyebabnya

Penelitian terhadap tikus telah menunjukkan air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lain pada tikus penderita diabetes.

Komentar