alexametrics

Ketua Relawan Covid-19: Perubahan Perilaku Jadi Kunci Cegah Covid-19

Bimo Aria Fundrika
Ketua Relawan Covid-19: Perubahan Perilaku Jadi Kunci Cegah Covid-19
Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Andre Rahadian. (Dok: Satgas: Covid-19)

Dalam hal ini, Andre menyebut, peran relawan menjadi penting untuk terus memberikan kampanye ke masyarakat.

Suara.com - Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) Andre Rahadian, menyebut bahwa perubahan perilaku menjadi kunci mengalau Covid-19 sebelum vaksin berhasil diproduksi.

Dalam hal ini, Andre menyebut, peran relawan menjadi penting untuk terus memberikan kampanye ke masyarakat.

"Melibatkan para relawan dalam kampanye perubahan perilaku ini jauh lebih penting dibanding kegiatan membagikan masker tanpa memberikan informasi dan pengertian pentingnya melaksanakan protokol kesehatan saat ini," ujar Andre dalam siaran pers yang diterima Suara.com, Kamis, (19/11/2020).

Ia menambahkan, bahwa selama ini relawan bersama seluruh anggota masyarakat adalah bagian penting dari perubahan perilaku.

Baca Juga: Mamah Dedeh Positif Corona Sempat Pimpin Tahlilan, Jamaah Dites Swab

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Ia mengimbau agar seluruh relawan dan komponen masyarakat di manapun berada agar bahu membahu untuk saling mengingatkan dan meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Andre mengungkapkan bahwa selama bulan Oktober - Desember 2020 ini, kata Andre, berlangsung kegiatan pelatihan untuk Relawan Satgas Covid-19 di tujuh provinsi prioritas, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Nanggroe Aceh Darussalam, dan Papua.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengajak langsung seluruh lapisan masyarakat melakukan perubahan perilaku dengan melibatkan 10.000 Relawan Satgas Covid-19.

Lebih jauh, ia mengatakan pihaknya tidak pernah melakukan kegiatan terkait pengembalian atribut relawan seperti rompi dan tanda pengenal (ID Card).  Menurut Andre Rahadian pihaknya dapat memahami perasaan beberapa relawan yang melakukan aksi tersebut.

“Kami menerima ini sebagai bentuk aspirasi beberapa orang relawan. Kami menampung aspirasi ini. Tapi kami yakin dalam hati kecil para relawan mereka tetap lah relawan. Apalagi selama ini sudah terbukti kerja para relawan mampu membantu warga yang mengalami masa sulit selama wabah coronavirus ini,” ungkap Andre Rahadian yang selama delapan bulan ini mengkoordinasi 34.000 Relawan Satgas Covid-19 di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Pentingnya Jaga Kesehatan Mata saat Pandemi, Ini Tipsnya

Komentar