Ampuh Tangkal Penyakit, Inilah 5 Makanan Tersehat Sepanjang Masa

Rima Sekarani Imamun Nissa, Rosiana Chozanah

Jum'at, 20 November 2020 | 06:15 WIB
Ampuh Tangkal Penyakit, Inilah 5 Makanan Tersehat Sepanjang Masa
Tips belanja sayuran online. (Shutterstock)

Suara.com - Makanan ini dapat melawan penyakit, meningkatkan fungsi kekebalan, meningkatkan suasana hati, dan membantu menurunkan berat badan. Kabar baiknya, makanan ini dapat ditemukan secara mudah di sekitar Anda.

Dilansir Eat This, berikut produk makanan tersehat sepanjang masa yang sangat baik untuk kesejahteraan hidup Anda:

1. Minyak zaitun

Sebuah studi yang terbit dalam jurnal PLOS ONE menunjukkan orang yang mengikuti diet Mideterania, pola makan yang kaya minyak zaitun, menunjukkan penurunan risiko sindrom metabolik sebesar 35 persen, dan 43 persen risiko peningkatan berat badan.

Penelitian ini juga menunjukkan asam oleat dalam minyak zaitun dapat mengurangi lemak perut.

Tiga jenis kacang lentil. (Wikipedia)
Tiga jenis kacang lentil. (Wikipedia)

2. Lentil

Lentil merupakan pati resisten, sejenis serat fungsional yang mencerna makanan dengan lambat. Saat melewati saluran pencernaan, pati resisten memicu pelepasan asetat, molekul di usus yang memberi tahu otak kapan harus berhenti makan.

Dalam satu studi menemukan pola makan kaya makanan penstabil gula darah seperti lentil dapat mengurangi peradangan terkait penyakit hingga 22 persen.

3. Oatmeal

baca juga

Sebuah studi 10 tahun yang terbit di American Journal of Public Health menemukan mengonsumsi satu posi oatmeal dua hingga empat kali seminggu menghasilkan penurunan risiko diabetes tipe 2 hingga 16 persen.

Konsumsi semangkuk setiap hari dapat menurunkan risiko hingga 39 persen.

Studi lain dari Colorado State University juga menunjukkan bahwa oatmeal menurunkan kadar kolesterol "jahat" LDL lebih efektif daripada gandum.

4. Apel dengan kulit

Banyak penelitian menunjukkan polifenol, senyawa di dalam kulit apel, mendorong pertumbuhan bakteri 'ramah' usus yang membantu menurunkan berat badan hingga menurunkan kolesterol.

Ilustrasi makan apel (Shutterstock)

Studi lain menunjukkan memakan dua apel berukuran sedang mengurangi kolesterol 'jahat' LDL sebesar 23 persen.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Kombinasi Sayuran Hijau dan Anggur Merah Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Kombinasi Sayuran Hijau dan Anggur Merah Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Health | Kamis, 05 November 2020 | 08:48 WIB

Seperti Rokok, 4 Sayuran Ini Juga Mengandung Nikotin

Seperti Rokok, 4 Sayuran Ini Juga Mengandung Nikotin

Jakarta | Rabu, 21 Oktober 2020 | 14:57 WIB

Duh, Ternyata 5 Sayuran Ini Bisa Jadi Racun Jika Berulang Kali Dipanaskan

Duh, Ternyata 5 Sayuran Ini Bisa Jadi Racun Jika Berulang Kali Dipanaskan

Lifestyle | Kamis, 15 Oktober 2020 | 08:00 WIB

Terkini

UMKM Perempuan Aceh untuk Naik Kelas Berkat Sinergi PNM dan OJK

UMKM Perempuan Aceh untuk Naik Kelas Berkat Sinergi PNM dan OJK

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:07 WIB

Bareskrim ke Nagoya Food Court Batam, Gerebek Diduga Sarang Perjudian

Bareskrim ke Nagoya Food Court Batam, Gerebek Diduga Sarang Perjudian

Batam | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:01 WIB

Kidung Para Pencari: Menemukan Makna di Tengah Riuh Kehidupan

Kidung Para Pencari: Menemukan Makna di Tengah Riuh Kehidupan

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:00 WIB

Ketika Kereta Api Melintas di Pulau Sulawesi, Jauh Sebelum Indonesia Merdeka

Ketika Kereta Api Melintas di Pulau Sulawesi, Jauh Sebelum Indonesia Merdeka

Sulsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:54 WIB

Upacara Bendera Sila Ke Berapa? Ini Makna dan Penerapan Nilai Pancasila Sehari-hari

Upacara Bendera Sila Ke Berapa? Ini Makna dan Penerapan Nilai Pancasila Sehari-hari

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:33 WIB

OK! Madam: Bon Voyage, Aksi Seru Mantan Agen Rahasia Menyelamatkan Kapal!

OK! Madam: Bon Voyage, Aksi Seru Mantan Agen Rahasia Menyelamatkan Kapal!

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:30 WIB

CIMB Niaga Catat Kredit Tumbuh 6,6% Jadi Rp247,2 Triliun di Semester I 2026

CIMB Niaga Catat Kredit Tumbuh 6,6% Jadi Rp247,2 Triliun di Semester I 2026

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:30 WIB

Ortuseight Playday Hadir di 6 Kota, Dorong Pembinaan Futsal Pelajar

Ortuseight Playday Hadir di 6 Kota, Dorong Pembinaan Futsal Pelajar

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:22 WIB

Kuliner Wisata Kemiren Meluapkan Limbah Sapi Biogas Desa

Kuliner Wisata Kemiren Meluapkan Limbah Sapi Biogas Desa

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:20 WIB

Kenaikan Saham FAST Tidak Wajar, BEI Ambil Tindakan

Kenaikan Saham FAST Tidak Wajar, BEI Ambil Tindakan

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:19 WIB

×