alexametrics

Fungal Acne Mirip Jerawat, Namun Pengobatannya Tak Sama

Vania Rossa | Lilis Varwati
Fungal Acne Mirip Jerawat, Namun Pengobatannya Tak Sama
Ilustrasi fungal acne yang mirip jerawat. (Shutterstock)

Fungal acne merupakan infeksi jamur, sedangkan jerawat merupakan infeksi bakteri.

Suara.com - Karena bentuknya yang mirip dengan jerawat, banyak orang mengira fungal acne bisa diobati dengan langkah yang sama seperti mengobati jerawat.

Fungal acne atau infeksi kulit akibat jamur malassezia ini sebenarnya telah diketahui sejak era tahun 1970-an. Namun kekinian semakin sering diperbincangkan hingga akhirnya muncul istilah fungal acne yang berarti jerawat jamur.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Arthur Simon Sp. KK. mengatakan bahwa fungal acne akan sulit diatasi jika menggunakan obat jerawat.

Menurut dr. Arthur dalam siaran langsung Instagram beberapa waktu lalu, meski bentuknya sama dengan jerawat biasa, namun pengobatan fungal acne tidak bisa disamakan. Hal ini lantaran penyebabnya pun berbeda, yaitu jerawat biasanya disebabkan karena bakteri, sedangkan fungal acne infeksi jamur.

Baca Juga: Cara Sederhana Menghilangkan Jerawat Punggung

Berbeda dengan jerawat, fungal acne yang bentuknya kecil-kecil ini biasanya tidak akan menimbulkan bekas dikulit seperti jerawat.

"Jerawat bisa meninggalkan bekas atau tidak, itu tergantung seberapa dalam keterlibatan kulit. Semakin dalam dia menginfeksi kulit, tentu akan meninggalkan bekas. Namun pada umumnya fungal acne, karena dia hanya kecil-kecil saja, biasanya tidak meninggalkan bekas," tuturnya.

Dr. Arthur juga mengomentari produk skincare yang mencantumkan klaim dapat mengatasi masalah kulit wajah, seperti fungal acne ini. Namun, klaim tersebut sebenarnya belum terbukti secara ilmiah. Menurutnya, belum ada penelitian mengenai bahan skincare tertentu dengan fungal acne.

"Jadi fungal acne save itu sebenarnya belum ada bukti valid. Itu biasanya mereka hanya merangkum dari pengalaman kebanyakan orang. Tapi sebenarnya kalau secara ilmiah itu belum fix," katanya.

Karena sulit dibedakan oleh orang awam, dr. Arthur menyarankan jika mencurigai adanya fungal acne, langkah terbaik adalah diatasi langsung oleh dokter kulit.

Baca Juga: Begini Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Wajah di Masa Pandemi Covid-19

"Yang penting, kalau ada kecurigaan fungal acne, bawa berobat ke dokter kulit. Sehingga bisa diatasi secepatnya dan memperkecil kemungkinan berbekas," ucapnya.

Komentar