alexametrics

Mudah Didapat, Teh Hijau dan Cokelat Hitam Bisa Bantu Melawan Covid-19

Yasinta Rahmawati
Mudah Didapat, Teh Hijau dan Cokelat Hitam Bisa Bantu Melawan Covid-19

peneliti Amerika melihat fitokimia untuk melihat apakah beberapa makanan dapat digunakan untuk melawan virus corona Covid-19 dan mencegahnya.

Suara.com - Sebuah studi baru mengatakan bahwa senyawa kimia dalam makanan atau minuman seperti teh hijau, anggur muscadine, dan cokelat hitam dapat membantu melawan Covid-19.

Dilansir dari The Health Site, para peneliti Amerika melihat fitokimia untuk melihat apakah beberapa makanan dapat digunakan untuk melawan virus corona Covid-19 dan mencegahnya. Fitokimia pada dasarnya adalah komponen non-nutrisi yang ada dalam pola makan nabati.

Fitokimia diketahui memiliki sifat mencegah penyakit dan telah digunakan dalam pengobatan penyakit seperti penyakit jantung , kanker, hipertensi dan diabetes.

Dalam sebuah studi unik, para peneliti telah mengklaim bahwa senyawa kimia dalam makanan atau minuman seperti teh hijau, anggur muskadin, dan cokelat hitam dapat mengikat dan memblokir fungsi enzim tertentu, atau protease dalam SARS-CoV-2 (virus penyebab Covid-19).

Baca Juga: Tak Sengaja Telan Hand Sanitizer Bisa Sebabkan Kematian, Ini Kata Ahli!

Menurut peneliti dari North Carolina State University di AS ini, protease penting untuk kesehatan dan kelangsungan hidup sel dan virus. Jika protease dihambat, sel tidak dapat melakukan banyak fungsi penting seperti replikasi.

Ilustrasi makan cokelat gelap (dark chocolate). (Shutterstock)
Ilustrasi makan cokelat gelap (dark chocolate). (Shutterstock)

Peneliti mengatakan bahwa salah satu fokus lab mereka adalah menemukan nutraceuticals dalam makanan atau tanaman obat yang menghambat cara virus menempel pada sel manusia atau penyebaran virus dalam sel manusia.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Plant Science ini, tim peneliti melakukan simulasi komputer dan studi laboratorium yang menunjukkan bagaimana apa yang disebut "protease utama" (Mpro) dalam virus SARS-CoV-2 bereaksi ketika dihadapkan dengan berbagai senyawa kimia tumbuhan yang telah dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya yang kuat.

Mpro dalam SARS-CoV-2 diperlukan virus untuk menggandakan dan merakit dirinya sendiri. Jika ini dapat menghambat atau menonaktifkan protease ini, virus akan mati.

Simulasi komputer menunjukkan bahwa senyawa kimia yang dipelajari dari teh hijau, dua varietas anggur muscadine, bubuk kakao, dan cokelat hitam mampu mengikat berbagai porsi Mpro.

Baca Juga: Temuan Terbaru, Kemungkinan Virus Corona Sudah Ada di AS Sejak Tahun Lalu

Mpro memiliki porsi yang seperti 'kantong' yang 'diisi' oleh senyawa kimia. Ketika kantong ini terisi, protease kehilangan fungsi pentingnya. Eksperimen laboratorium juga menunjukkan hasil yang serupa.

Komentar