alexametrics

Studi: Kurang Aktivitas, Pandemi Covid-19 Mengubah Kebiasaan Anak-Anak

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Studi: Kurang Aktivitas, Pandemi Covid-19 Mengubah Kebiasaan Anak-Anak
Ilustrasi anak pakai masker. (Shutterstock)

Selama pandemi Covid-19, anak-anak tak bisa bersekolah dan bermain dengan teman-temannya.

Suara.com - Virus corona Covid-19 memberikan dampak pada semua lapisan masyarakat, termasuk anak-anak. Dalam hal ini para peneliti menemukan bahwa pandemi Covid-19 mengubah aktivitas anak-anak, seperti waktu mereka di depan layar, makan, dan rutinitas tidur.

Perubahan pada anak-anak tersebut dinyatakan dalam penltiain yang diterbitkan pada medRxiv dan belum diperiksa oleh rekan sejawat. Studi ini dilakukan oleh peneliti Universitas Birmingham, Universitas Glasgow, dan Universitas Bristol.

Melansir dari News Medical, para orang tua melaporkan bahwa anak-anak lebih banyak mengonsumsi makanan ringan. Mereka juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyiapkan makanan dan makan bersama.

Selain itu, para orang tua melaporkan berkurangnya aktivitas fisik anak-anak. Mereka juga cenderung menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan gadget dan komputer.

Baca Juga: Kasus Corona Meningkat, RS di Jakarta Semakin Penuh

Karena kebanyakan anak tidak diperbolehkan keluar, tingkat aktivitas fisik mereka berkurang. Namun, di beberapa rumah tangga yang anak-anaknya memiliki saudara kandung, mereka masih bisa bermain.

Ilustrasi anak bosan. (Shutterstock)
Ilustrasi anak bosan. (Shutterstock)

Studi tersebut menyoroti pentingnya bimbingan dan dukungan untuk keluarga selama masa pembatasan Covid-19. Hal ini dapat membantu anak-anak mempertahankan aktivitas, makan, waktu layar, dan rutinitas tidur yang sehat untuk anak-anak mereka.

Selain itu, membimbing anak-anak selama waktu ini dapat memastikan bahwa kebiasaan tidak sehat tidak diterapkan dan bertahan setelah pandemi.

Lima Cara Atasi Bosan Anak selama di Rumah

Berikut beberapa tips kegiatan yang mungkin bisa Anda lakulan di rumah bersama anak-anak, antara lain:

Baca Juga: Viral Meme Mensos Juliari Kasih Bansos COVID-19: Saya Potong Ceban Yah

1. Bekreasi Lewat Seni
2. Mencoba resep masalan yang baru bersama anak
3. Mengajak anak berkebun
4. Menonton film favoritnya
5. Berolahraga dan berjemur di teras rumah.

Komentar