Studi: Konsumsi Alpukat Setiap Hari Bisa Menyehatkan Usus

Yasinta Rahmawati, Fita Nofiana

Kamis, 17 Desember 2020 | 07:30 WIB
Studi: Konsumsi Alpukat Setiap Hari Bisa Menyehatkan Usus
Buah alpukat. (Shutterstock)

Suara.com - Setiap kali ada masalah usus, mungkin yang akan disarankan dokter pertama kali adalah makanan yang harus Anda konsumsi. Dalam hal ini, makanan dengan serat tinggi menjadi asupan yang disarankan.

Melansir dari Healthshot, sebuah penelitian dari Fakultas Pertanian Universitas Illinois, ilmu konsumen dan lingkungan menunjukkan bahwa alpukat bisa menjadi makanan berserat yang disarankan untuk kesehatan usus Anda.

Studi ini menunjukkan bahwa alpukat memengaruhi mikroba di usus dan menjaganya tetap sehat. Penelitian tersebut telah diterbitkan pada Journal of Nutrition.

Alpukat sendiri merupakan makanan sehat yang kaya akan serat makanan dan lemak tak jenuh tunggal yang berdampak pada mikroba di sistem pencernaan atau usus.

"Kami tahu makan alpukat membantu Anda merasa kenyang dan mengurangi konsentrasi kolesterol darah, serta mempengaruhi mikroba usus dan metabolisme yang dihasilkan mikroba," kata Sharon Thompson, seorang mahasiswa pascasarjana di Division of Nutritional Sciences di Universitas Illinois.

Ilustrasi alpukat tanpa biji (Shutterstock)
Ilustrasi alpukat tanpa biji (Shutterstock)

Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan alpukat setiap hari memiliki lebih banyak mikroba usus yang memecah serat dan menghasilkan metabolit pendukung kesehatan usus. Orang yang sering makan alpukat juga memiliki keragaman mikroba yang lebih besar.

"Konsumsi alpukat mengurangi asam empedu dan meningkatkan asam lemak rantai pendek. Perubahan ini baik untuk kesehatan usus secara keseluruhan," ujar Thompson.

Sebuah alpukat berukuran sedang menyediakan sekitar 12 gram serat yang sangat membantu memenuhi jumlah harian serat yang disarankan yaitu 28 hingga 34 gram serat per hari. Seacara umum, alpukat menjadi makanan padat energi juga padat nutrisi yang mengandung mikronutrien penting.

baca juga
Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Bisa Bikin Jantung Sehat dan Cocok untuk Diet, Ini 7 Manfaat Alpukat

Bisa Bikin Jantung Sehat dan Cocok untuk Diet, Ini 7 Manfaat Alpukat

Lifestyle | Sabtu, 12 Desember 2020 | 13:29 WIB

Penuhi Asupan Serat, Coba Konsumsi 6 Buah Sehat Ini!

Penuhi Asupan Serat, Coba Konsumsi 6 Buah Sehat Ini!

Health | Selasa, 27 Oktober 2020 | 08:30 WIB

Daftar 5 Makanan Rendah Kalori, Cocok Buat Diet!

Daftar 5 Makanan Rendah Kalori, Cocok Buat Diet!

Sumsel | Jum'at, 23 Oktober 2020 | 19:30 WIB

Terkini

HyperOS 4 Resmi Meluncur! Desain Kaca Mewah dan AI-nya Bisa Tebak Pikiran Pengguna?

HyperOS 4 Resmi Meluncur! Desain Kaca Mewah dan AI-nya Bisa Tebak Pikiran Pengguna?

Tekno | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:39 WIB

Menag Pimpin Doa di Sidang Tahunan MPR 2026: Lindungi Kami dari Fitnah dan Pengkhianatan

Menag Pimpin Doa di Sidang Tahunan MPR 2026: Lindungi Kami dari Fitnah dan Pengkhianatan

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:38 WIB

Jembatan Garuda Merah Putih di Way Bungur Jadi Harapan Baru Masyarakat

Jembatan Garuda Merah Putih di Way Bungur Jadi Harapan Baru Masyarakat

Lampung | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:38 WIB

Belanja Pengadaan Pemerintah Tembus Rp1.193 Triliun, Jadi Motor Ekonomi Hijau

Belanja Pengadaan Pemerintah Tembus Rp1.193 Triliun, Jadi Motor Ekonomi Hijau

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:35 WIB

Jelang Pidato Prabowo, Harga Emas Antam Merosot Jadi Rp2.664.000/Gram

Jelang Pidato Prabowo, Harga Emas Antam Merosot Jadi Rp2.664.000/Gram

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:35 WIB

Viral Fasilitas Sampah KKN UMMI Sukabumi Hancur Dibongkar 2 Hari Usai Diresmikan

Viral Fasilitas Sampah KKN UMMI Sukabumi Hancur Dibongkar 2 Hari Usai Diresmikan

Entertainment | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:29 WIB

Bahan Bakar Alternatif SIG Naik 24%, Pangkas Konsumsi Batu Bara 467 Ribu Ton

Bahan Bakar Alternatif SIG Naik 24%, Pangkas Konsumsi Batu Bara 467 Ribu Ton

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:29 WIB

Prabowo Mau Pidato, 103 Anggota Dewan Absen di Sidang Tahunan MPR

Prabowo Mau Pidato, 103 Anggota Dewan Absen di Sidang Tahunan MPR

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:25 WIB

Pelita Air Pangkas Harga Tiket 45 Persen, Bidik Lonjakan Penumpang di HUT RI

Pelita Air Pangkas Harga Tiket 45 Persen, Bidik Lonjakan Penumpang di HUT RI

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:25 WIB

Tragedi Tambang Emas Pohuwato, PETI Disebut Tak Sekadar Pelanggaran Izin

Tragedi Tambang Emas Pohuwato, PETI Disebut Tak Sekadar Pelanggaran Izin

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:23 WIB

×