alexametrics

4 Tips Menjaga Kesehatan selama Pandemi Covid-19 ala Dokter Sonia Wibisono

Yasinta Rahmawati
4 Tips Menjaga Kesehatan selama Pandemi Covid-19 ala Dokter Sonia Wibisono
talkshow virtual ‘Bunda Hebat: Peran Bunda dalam Menjaga Kesehatan Keluarga’

Dr. Sonia mengatakan, di saat pandemi Covid-19 seperti ini sebaiknya urungkan dulu niat untuk diet, terlebih jika berat badan sudah di batas normal,

Suara.com - Dalam rangka Hari Ibu, Tokopedia bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK DKI Jakarta menghadirkan talkshow virtual "Bunda Hebat: Peran Bunda dalam Menjaga Kesehatan Keluarga" melalui kanal Youtube Tokopedia pada Rabu (22/12/2020).

Acara ini menghadirkan dokter dan entrepreneur, dr. Sonia Wibisono, yang membagikan tips menjaga kesehatan keluarga di tengah pandemi Covid-19.

Dr. Sonia mengatakan, di saat seperti ini sebaiknya urungkan dulu niat untuk diet, terlebih jika berat badan sudah di batas normal, kecuali jika badan sudah terlampau gemuk. "Kita harus benar-benar menjaga daya tahan tubuh kita di saat pandemi ini," jelasnya.

Ia pun memberi 4 tips menjaga kesehatan saat new normal pandemi Covid-19. Pertama, olahraga secara rutin. Berolahraga minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit per sesi.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: Ngeri, Virus Corona Sudah Sampai Ke Antartika!

Meski new normal sudah memperbolehkan untuk beraktivitas di luar ruangan, sangat disarankan untuk olahraga di rumah saja. Namun bagi yang suka berlari, ia memperingatkan untuk hati-hati karena ada risiko bahaya untuk tumit dan lutut.

talkshow virtual ‘Bunda Hebat: Peran Bunda dalam Menjaga Kesehatan Keluarga’
talkshow virtual ‘Bunda Hebat: Peran Bunda dalam Menjaga Kesehatan Keluarga’

"Jadi sebaiknya disarankan untuk jalan cepat saja, ini adalah olahraga yang paling baik. Senam, yoga, pilates juga pilihan bagus untuk kesehatan, melancarkan darah serta melampiaskan stres," ungkapnya.

Kedua, mengonsumsi makanan sehat. Untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi tercukupi, bisa dilakukan dengan memasak makanan sehat sendiri. Makanan yang akan dikonsumsi tentu harus memenuhi gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

"Lemak penting juga, tapi pilih dari mana yang baik. Seperti lemak tidak jenuh alpukat dan kacang-kacangan. Lemak juga penting untuk hormon, tapi jangan lemak yang bikin sumbatan pembuluh darah," jelasnya.

Ketiga, meluangkan waktu untuk me time. Stres saat pandemi bisa bisa memberi efek buruk pada sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat menyebabkan sakit.

Baca Juga: Pikiran Stres saat Liburan selama Pandemi Covid-19? Ini Saran Psikolog!

Untuk itu, mengalokasikan sedikit waktu untuk me time agar mental tetap sehat diperlukan. Tak mesti keluar rumah, me time bisa dilakukan di rumah lewat hal-hal sederhana yang membuat Anda rileks.

Komentar