alexametrics

Manfaat Olahraga Aerobik Bagi Tubuh dan Otak, Salah Satunya Atasi Depresi

Vania Rossa
Manfaat Olahraga Aerobik Bagi Tubuh dan Otak, Salah Satunya Atasi Depresi
Ilustrasi olahraga aerobik. (Shutterstock)

Tak hanya bagi tubuh, olahraga aerobik juga bermanfaat bagi otak, lho.

Suara.com - Olahraga aerobik dipercaya dapat mengurangi berbagai risiko penyakit, seperti jantung, paru-paru, demensia dan lain-lain. Ini karena aerobik sangat baik untuk melatih kemampuan fisik yang membuat jantung dan paru-paru berkerja lebih keras dari biasanya. Beberapa jenis olahraga aerobik di antaranya berlari, bersepeda, berjalan, berenang, dan lain-lain.

Manfaat olahraga aerobik tak hanya bagi tubuh atau fisik saja, tetapi juga bagi otak atau psikis. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini, seperti dilansir dari Medicalnewstoday.

Manfaat olahraga aerobik bagi tubuh
1. Mencegah penyakit jantung
Kegiatan aerobik melibatkan kerja jantung lebih keras. Hal ini yang menyebabkan jantung menjadi lebih sehat. Olahraga aerobik secara teratur dapat mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

2. Menjaga berat badan
Aerobik sangat berguna untuk membakar kalori. Tentu saja ini sangat baik untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga: Waspada, Penderita Tekanan Darah Tinggi Harus Hindari Olahraga Ini

3. Mengontrol gula darah
Aerobik akan menjaga kadar gula darah tetap terkontrol, yang jadi salah satu faktor penting untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ini karena aerobik dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga tubuh membutuhkan lebih sedikit insulin untuk mengontrol kadar gula darah.

4. Menurunkan tekanan darah
Sebuah tinjauan terhadap 391 responden, yang dilaporkan British Journal of Sports Medicine, menemukan bahwa olahraga sama efektifnya dengan obat tekanan darah dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi memberi tekanan pada pembuluh darah dan jantung. Seiring waktu, hal ini dapat menimbulkan konsekuensi serius, seperti meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Dengan latihan aerobik, Anda dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat.

5. Mencegah dan mengatasi stroke
Stroke terjadi ketika suplai darah ke area otak terhalang. Olahraga aerobik secara teratur mengurangi risiko stroke dengan menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Untuk orang yang mengalami stroke, diusahakan untuk tetap aktif sehingga mendukung pemulihan pada tubuh.

6. Memperpanjang usia
Olahraga aerobik dapat memperpanjang harapan hidup. Terlepas dari intensitas yang Anda lakukan, latihan aerobik dapat mengurangi risiko kematian.

Baca Juga: Psikolog: Olahraga Zumba Bisa Tingkatkan Kecerdasan Motorik Anak

7. Meningkatkan fungsi fisik
Kemampuan menjalankan tugas untuk kehidupan sehari-hari penting dalam menjaga kemandirian dan kesejahteraan. Latihan aerobik meningkatkan kemampuan fisik yang diperlukan seseorang untuk berfungsi setiap hari. Selain itu, dengan aktifnya fisik dapat mencegah dari berbagai cedara pada tubuh.

Komentar