alexametrics

Jangan Terlewat, Ini 7 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil

Vania Rossa
Jangan Terlewat, Ini 7 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil
Ilustrasi buah-buahan untuk ibu hamil. (Shutterstock)

Buah-buahan ini membantu mencukupi kebutuhan nutrisi saat hamil.

Suara.com - Saat hamil, sayur dan buah adalah makanan yang wajib dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan. Meski pada dasarnya semua buah-buahan baik dikonsumsi, ada beberapa jenis buah yang memang disarankan untuk ibu hamil lantaran kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya.

Dilansir dari Healthline, ini dia 7 jenis buah yang baik dikonsumsi saat hamil.

1. Jeruk
Jeruk dapat membantu ibu hamil agar tetap terhidrasi. Selain itu, jeruk merupakan sumber folat atau asam folat yang baik untuk tubuh. Folat merupakan vitamin B yang sangat penting dalam membantu mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang atau disebut juga dengan spina bifida.

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 600 mcg asam folat per hari saat hamil. Jeruk juga dipercaya sebagai sumber vitamin C yang membantu mencegah kerusakan sel, serta membantu tubuh Anda menyerap zat besi yang mencegah anemia.

Baca Juga: Sempat Dikira Sayur, Ternyata Ini Manfaat Buah Tomat untuk Diet

2. Mangga
Mangga dipercaya sebagai sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin A yang tinggi. Dikatakan bahwa kekurangan vitamin A dapat berdampak pada kekebalan tubuh yang rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

3. Alpukat
Alpukat mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin B, C, K, serta mineral kolin, magnesium, dan kalium. Oleh karena itu, alpukat sangat baik untuk dikonsumsi saat hamil. Selain itu, alpukat juga dapat membantu meredakan mual saat hamil karena kandungan magnesium dan kalium di dalamnya.

Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki, masalah yang kerap dialami ibu hamil. Kram kaki sering kali disebabkan oleh rendahnya kalium dan magnesium. Kolin juga penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

4. Lemon
Dalam sebuah studi tahun 2014, ibu hamil melaporkan beberapa keberhasilan dalam menggunakan lemon atau aroma lemon untuk membantu meredakan mual terkait kehamilan. Selain itu, lemon juga tinggi vitamin C yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan dan meredakan sembelit.

5. Pisang
Pisang merupakan sumber kalium yang tinggi. Buah berwarna kuning ini juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat. Penelitian pada 2014 menunjukkan, vitamin B6 dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

Baca Juga: Ruang Bersalin Khusus Pasien Covid-19

6. Buah beri
Buah beri seperti blueberry, raspberry, stroberi, blackberry, dan goji berry mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah-buahan ini juga mengandung karbohidrat yang memberi energi yang sangat dibutuhkan, dan mereka dengan mudah melewati plasenta untuk memberi makan bayi.

Komentar