alexametrics

Doni Monardo Positif Covid-19, Ingat Lagi Yuk 8 Cara Pencegahannya

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Doni Monardo Positif Covid-19, Ingat Lagi Yuk 8 Cara Pencegahannya
Kepala BNPB Doni Monardo / [Foto BNPB]

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia itu mengatakan Covid-19 sudah berada sangat dekat di sekitar masyarakat.

Suara.com - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo dinyatakan positif Covid-19, setelah melakukan serangkaian aktivitas padat menangani musibah dan bencana yang melanda Indonesia.

“Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif Covid-19 dengan CT Value 25. Saya sama sekali tidak merasakan gejala apapun dan pagi ini tetap beraktivitas normal dengan olahraga ringan berjalan kaki 8 kilometer,” tutur Doni dalam siaran pers, Sabtu (23/1/2021).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia itu mengatakan Covid-19 sudah berada sangat dekat di sekitar masyarakat. Itulah mengapa protokol kesehatan harus dijaga ketat, dan jangan dikasih kendor

Meski tidak menjadi jaminan 100 persen, berikut 8 langkah memperlambat penularan Covid-19 yang harus Anda lakukan mengutip Halodoc.

Baca Juga: Bio Farma: 4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Siap Didistribusikan Pada Februari

1. Perkuat sistem imun

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. [Ist]
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo. [Ist]

Virus corona dan virus lainnya punya satu kesamaan. Virus bersifat self limiting disease, alias bisa mati dengan sendirinya. Singkatnya, kalau daya tahan tubuh baik, maka tubuh akan melawan virus tersebut.

Memperkuat sistem imun bisa dilakukan dengan cara :

  • Istirahat yang cukup. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur 7 hingga 8 jam dan remaja sekitar 9 hingga 10 jam.
  • Perbanyak makan sayur dan buah. Kandungan vitamin dan mineral sayur dan buah memperkuat sistem imun tubuh.
  • Hindari Stres.  Stress yang tidak terkendali dan berkepanjangan bisa meningkatkan hormon kortisol. Dalam jangka panjang hormon kortisol ini bisa menurunkan sistem imun.
  • Hindari rokok dan alkohol. Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem imun.
  • Rutin berolahraga. Direkomendasikan untuk berolahraga 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki.

2. Rutin mencuci tangan

Demi kebaikan diri dan orang lain, jangan pernah bosan dan malas melakukan tindakan ini. Cucilah tangan setidaknya selama 20 detik dengan sabun dan air, atau pembersih tangan dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen. 

Baca Juga: Positif Corona, Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo Belum Divaksinasi

Harus cuci tangan sebelum memasak atau makan, setelah dari kamar mandi, setelah menutup hidung saat batuk dan bersin, dan setelah memegang barang yang banyak disentuh orang.

Komentar