alexametrics

Saat Perut Kosong, Sebaiknya Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Saat Perut Kosong, Sebaiknya Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini
Ilustrasi perut kosong, sakit perut (Pixabay/derneuemann)

Beberapa makanan dan minuman tidak boleh dikonsumsi pagi hari ketika perut kosong.

Suara.com - Makanan yang Anda konsumsi pagi hari akan memengaruhi kesehatan. Karena, makanan tertentu bisa merusak usus jika dikonsumsi dalam kondisi perut kosong.

Rupali Datta, seorang konsultan ahli gizi telah menyarankan beberapa makanan dan minuman yang seharusnya dihindari ketika perut kosong.

Rupali Datta juga menyarankan Anda memberi waktu pada sistem pencernaan untuk mulai berfungsi setelah tidur berjam-jam dan harus sarapan setidaknya 2 jam setelah bangun.

Berikut ini dilansir dari NDTV, makanan dan minuman yang harus dihindari ketika perut kosong.

Baca Juga: Selain 3M, Ahli Sarankan Disinfeksi Sikat Gigi untuk Cegah Virus Corona

1. Makanan pedas

Konsumsi makanan pedas ketika perut kosong bisa mengiritasi lapisan lambung yang menyebabkan asam reaksi dan kram. Karena makanan pedas bersifat menyengat, makanan ini bisa memicu gangguan pencernaan di pagi hari.

Cabai, makanan pedas, lombok (Pixabay/Free-Photos)
Cabai, makanan pedas, lombok (Pixabay/Free-Photos)

2. Makanan dan minuman manis

Sebagian besar orang berpendapat minum segelas jus buah sangat pas untuk memulai pagi hari. Tapi, Rupali menyarankan untuk tidak minum jus buah di pagi hari karena bisa menambah beban ekstra pada pankreas yang masih bangun setelah istirahat berjam-jam.

Dalam kondisi perut kosong, gula dalam bentuk fruktosa pada buah-buahan bisa menyebabkan liver berlebih. Bahkan gula olahan menjadikannya lebih buruk, jadi hindari makanan penutup atau minuman yang terlalu manis.

Baca Juga: Pasien Hingga Staf Terinfeksi Varian Baru Virus Corona, RS di Jerman Tutup

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda buruk bagi kesehatan, tak peduli jam berapa Anda meminumnya. Tapi, konsumsi minuman bersoda ketika perut kosong bisa lebih buruk bagi sistem pencernaan.

Karena, asam berkarbonasi bercampur dengan asam lambung bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti mual dan gas.

Sebab, perut Anda mengeluarkan asam untuk membantu pencernaan. Jika tidak ada makanan di perut, Anda hanya akan memasukkan asam tambahan ke dalam sistem pencernaan dan ini bisa menyebabkan perut kram atau nyeri.

4. Minuman dingin

Lebih baik memulai hari dengan minum segelas air hangat dan madu. Tapi, banyak orang tergoda menegak segelas air dingin, es teh atau es kopi.

Pahal minum air dingin saat perut kosong bisa merusak selaput lendir Anda dan membuat pencernaan lamban sepanjang hari. Sedangkan, minum air hangat bisa membantu metabolisme Anda.

5. Buah jeruk

Konsumsi buah-buahan baik untuk kesehatan jika dikonsumsi pada waktu yang tepat. Tapi, makan buah jeruk ketika perut kosong bisa meningkatkan produksi asam.

Selain itu, terlalu banyak serat dan fruktosa dalam buah-buahan juga bisa memperlambat sistem pencernaan ketika perut kosong. Sebaiknya, hindari makan buah-buahan berserat, seperti jambu biji dan jeruk di pagi hari.

Komentar