alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Nomor Telepon Akses Cepat Satgas Covid-19 DKI Jakarta

M. Reza Sulaiman
CEK FAKTA: Nomor Telepon Akses Cepat Satgas Covid-19 DKI Jakarta
Warga menggunakan masker melintas di JPO Bundaran Senayan saat pemberlakuan PSBB di Jakarta, Jumat (25/9/2020). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A]

Beredar di media sosial, pesan berantai yang mencamtumkan nomor telepon Satgas Covid-19 untuk wilayah DKI Jakarta.

Suara.com - Meski sudah berjalan hampir satu tahun, informasi terkait virus Corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 masih belum tersampaikan dengan baik ke masyarakat.

Untuk itu, sejumlah akses informasi baik situs internet maupun nomor kontak Satgas Covid-19 diberikan untuk setiap daerah.

Beredar di media sosial, pesan berantai yang mencamtumkan nomor telepon Satgas Covid-19 untuk wilayah DKI Jakarta.

Berikut petikan pesan berantai yang tersebar:

Baca Juga: 10 Hari PPKM Balikpapan, Kasus Covid-19 Turun, Tapi 14 Anak Malah Terpapar

Mengingat semakin banyaknya penularan Covid-19, kami berharap kita semua bisa melaksanakan prosedur kesehatan dengan baik: Memakai Masker; Menjaga Jarak; Mencuci tangan (3M).

Jika rekan-rekan atau anggota keluarga yang terkena Covid-19 segera menghubungi Satuan Tugas (Satgas) Covid. Mereka nanti yang akan bergerak cepat mencarikan RS bagi Anda, karena mereka memiliki informasi terbaru mengenai tempat isolasi/RS yang kosong, dan semua pengobatan GRATIS karena ditanggung Kemenkes RI.

Nomor Satgas Jakarta adalah 119 atau 081 112 112 119. Untuk nomor Satgas Covid di daerah silahkan mencari di google atau kontak dinas kesehatan setempat.

Penjelasan:

Informasi yang disampaikan dalam pesan tersebut berisi pesan yang baik, di antaranya adalah mematuhi protokol kesehatan termasuk 3M.

Baca Juga: 19 Panti di Jakarta jadi Klaster Covid, Wagub: Sudah Masuk di Banyak Lini

Nomor kontak Tim Tanggap Covid-19 DKI Jakarta. (Dok. Corona.jakarta.go.id)
Nomor kontak Tim Tanggap Covid-19 DKI Jakarta. (Dok. Corona.jakarta.go.id)

Sayangnya, nomor kontak yang diberikan dalam pesan tersebut salah. Dari laman Satgas Covid-19, tercatat pesan ini dikategorikan sebagai hoaks.

Kesimpulan: Misinformasi

Berdasarkan hasil penelusuran melalui laman resmi Jakarta Tanggap Covid-19 miliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yaitu Corona.Jakarta.go.id.

Nomor hotline yang benar adalah 112 atau 081 112 112 112.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar