facebook

Ridho Rhoma Ditangkap Lagi, Kenapa Sulit Lepas dari Candu Amphetamine?

Bimo Aria Fundrika
Ridho Rhoma Ditangkap Lagi, Kenapa Sulit Lepas dari Candu Amphetamine?
Penyanyi Ridho Rhoma dibawa masuk kedalam usai rilis kasus narkoba yang menjeratnya di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/2/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Amphetamin adalah zat yang sangat adiktif. Karena cara kerjanya pada tubuh, obat ini dapat menyebabkan perubahan pada cara otak berper

Suara.com - Kasus narkoba kembali menjerat pedangdut Ridho Rhoma. Ridho Rhoma ditangkap di apartemen Fraser Residence Sudirman, Jakarta Selatan pada Kamis (4/2/2021). Dia diciduk bersama dua rekannya.

Saat diperiksa di kantor polisi, Ridho Rhoma positif Amphetamine alias ekstasi. Ini bukan kali pertama Ridho Rhoma ditangkap karena kasus yang sama.

Lantas, mengapa seorang sulit lepas dari jerat candu narkoba bernama amphetamine itu?

Dilansir dari American Addiction Center, amphetamin adalah zat yang sangat adiktif. Karena cara kerjanya pada tubuh, obat ini dapat menyebabkan perubahan pada cara otak berperilaku.

Baca Juga: Sesal Ridho Rhoma, Dua Kali Ditangkap Gara-gara Narkoba

Secara khusus, amphetamine dan zat terkait yang dapat secara signifikan mengubah respons kesenangan otak, menghancurkan reseptor kesenangan di otak, dan menurunkan kemampuan tubuh untuk merasakan kesenangan tanpa menggunakan obat tersebut.

Penyanyi Ridho Rhoma meminta maaf dihadapan awak pers ketika dihadirkan saat rilis kasus narkoba yang menjeratnya di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/2/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]
Penyanyi Ridho Rhoma meminta maaf dihadapan awak pers ketika dihadirkan saat rilis kasus narkoba yang menjeratnya di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/2/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sifat destruktif dari obat ini membuat orang yang menyalahgunakannya merasa tertekan dan bahkan ingin bunuh diri saat tidak menggunakan obat tersebut. Akibatnya, keinginan untuk tetap menggunakan obat bisa menjadi sangat kuat, sehingga sulit untuk dihentikan penggunaannya.

Seiring dengan potensi adiktif, ada risiko yang muncul saat menggunakan amphetamine untuk tujuan rekreasi. Ini termasuk:

  • Risiko cedera akibat melakukan aktivitas berbahaya
  • Masalah kardiovaskular, termasuk stroke, serangan jantung, dan gagal jantung
  • Penurunan berat badan dan malnutrisi
  • Masalah tidur

Selain itu, ada masalah jangka pendek dan jangka panjang lain yang terkait dengan penyalahgunaan amphetamine yang terkait dengan efek obat-obatan ini pada tubuh, seperti yang dijelaskan oleh National Institute on Drug Abusex, termasuk:

  • Peningkatan detak jantung dan tekanan darah
  • Suhu tubuh tinggi
  • Kehilangan kontrol otot, kejang otot, atau tics
  • Gangguan tidur
  • Perubahan suasana hati
  • Nafsu makan rendah
  • Depresi dan kelelahan saat tidak menggunakan obat

Dalam jangka panjang, gejala-gejala ini sering menjadi lebih parah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan jantung, sedangkan peningkatan suhu tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada organ dan jaringan.

Baca Juga: Ridho Rhoma Sembunyikan Ekstasi di Kotak Rokok

Nafsu makan yang rendah dapat menyebabkan kebiasaan makan yang tidak sehat dan kemudian malnutrisi, yang juga dapat merusak tubuh dan otak.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar