alexametrics

Jangan Abaikan Hidung Terasa Dingin, Bisa Jadi Pertanda 4 Kondisi Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Abaikan Hidung Terasa Dingin, Bisa Jadi Pertanda 4 Kondisi Ini!
ilustrasi hidung (shutterstock)

Ada beberapa masalah tubuh yang bisa menyebabkan hidung terasa dingin.

Suara.com - Anda mungkin pernah mengalami hidung terasa dingin tanpa sebab. Kondisi ini biasanya sering terjadi ketika seseorang sedang flu.

Tapi, hidung yang terasa dingin belum tentu disebabkan oleh flu atau pilek. Hidung dingin mungkin pertanda lain dari tubuh Anda yang membutuhkan perhatian ekstra.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa kondisi yang bisa menyebabkan hidung terasa dingin.

1. Aliran darah yang buruk

Baca Juga: Varian Baru Virus Corona Picu Kekhawatiran, Adakah Batasan Mutasinya?

Saat Anda berdiam diri di ruangan bersuhu rendah dalam waktu lama, tubuh akan berusaha menghangatkan diri dengan mengurangi aliran darah dari ekstremitas dan mengarahkannya ke organ vital di dalam tubuh.

Anda mungkin juga akan merasakan hal yang aneh ketika akan masuk angin. Kondisi ini bisa diatasi dengan menyeduh teh atau kopi hangat.

Ilustrasi hidung. (Shutterstock)
Ilustrasi hidung. (Shutterstock)

2. Beban pekerjaan

Studi di University of Nottingham menemukan hubungan antara suhu tubuh kita dan jumlah stres di otak. Selama penelitian, ketika banyak partisipan yang fokus pada pekerjaannya, maka makin dingin pula area wajahnya, terutama di bagian hidung.

Jika Anda merasakan hidung dingin akibat beban pekerjaan, baiknya istirahatlah sejenak sebelum melanjutkan aktivitas.

Baca Juga: Positif Virus Corona Covid-19, Pria Ini Alami Nyeri Punggung dan Diare

3. Tekanan emosional

Stres emosional bisa menjadi pemicu raynaud, yang menyebabkan pembuluh darah di ekstremitas menyempit drastis dalam waktu singkat. Hal ini menyebabkan rasa dingin dan mati rasa di area tertentu, seperti hidung.

Hidung dingin ini bisa berlangsung beberapa menit hingga jam. Tapi, raynaud lebih sering terjadi pada wanita dan orang yang tinggal di daerah beriklim dingin.

4. Hormon tidak seimbang

Jika Anda tidak memproduksi cukup hormon tiroid, metabolisme tubuh Anda mungkin akan melambat. Metabolisme yang lambat akan membuat tubuh Anda menghemat panas dan energi. Hal ini juga akan mengurangi panas yang mengalir ke ekstremitas, seperti hidung.

Komentar