alexametrics

Kekuatan Genggaman Tingkatkan Harapan Hidup, Olahraga Berikut Bisa Membantu

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Kekuatan Genggaman Tingkatkan Harapan Hidup, Olahraga Berikut Bisa Membantu
Ilustrasi dumbbell. (Elements Envato)

Olahraga tertentu yang bisa menyehatkan tubuh dan menjaga umur agar tetap panjang.

Suara.com - Aktif secara fisik dan makan sehat adalah dua komponen utama untuk memiliki umur panjang dan selalu bugar. Tapi ada olahraga tertentu yang bisa menyehatkan tubuh dan menjaga umur agar tetap panjang.

Melansir dari Times of India, pelatihan kekuatan tangan bisa meningkatkan potensi harapan umur panjang. Penelitian telah mengaitkan kekuatan genggaman tangan yang rendah terkait dengan peningkatan risiko patah tulang, jatuh, gangguan kognitif, depresi, masalah tidur, diabetes tipe 2, dan kematian dini.

Sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan di The Lancet menemukan bahwa kekuatan cengkeraman adalah prediktor yang baik untuk kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab lainnya. Hal ini karena kekuatan cengkeraman seseorang adalah penanda yang dapat diandalkan sebagai tanda keseluruhan massa otot yang sangat penting untuk fungsi setiap sistem dalam tubuh.

Berikut tiga olahraga untuk meningkatkan kekuatan genggaman tangan serta hidup lebih sehat dan panjang umur, antara lain:

Baca Juga: Studi: Peralatan Olahraga Tak Sebarkan Virus Corona Covid-19

1. Farmer's carry

Untuk melakukan jenis latihan atau olahraga ini, Anda perlu mengambil posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, kemudian letakkan  sepasang dumbbell di lantai di sisi luar kaki Anda. Setelah itu, jongkok dengan punggung tetap lurus dan perut ditarik kencang. Kemudian angkat masing-masing dumbbell di setiap tangan dengan posisi berdiri. 

Angkat beban di kedua sisi tangan sambil berjalan, lakukan hingga tiga kali.

Ilustrasi dumbbell. (Elements Envato)
Ilustrasi dumbbell. (Elements Envato)

2. Deadlift

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul dan letakkan sepasang dumbbelll di dekat jari-jari kaki Anda. Kemudian dorong pantat dan pinggul ke belakang lalu angkat beban sambil berdiri dengan telapak tangan menghadap ke depan paha. Coba lakukan 8 hingga 12 kali. 

Baca Juga: 7 Cara Belajar Efektif dari Buat Ringkasan hingga Belajar Bersama

3. Hollow-body hang

Sederhananya, posisi ini adalah bergelantungan pada tiang kokoh di mana posisi tangan lurus kemudian kaki dan pantat diangkat. Latihan ini akan memperkuat otot lengan Anda. 

Komentar