alexametrics

Zaskia Sungkar Sempat BAB 20 Kali, Ini Penyebab Diare pada Ibu Hamil!

Rauhanda Riyantama | Shevinna Putti Anggraeni
Zaskia Sungkar Sempat BAB 20 Kali, Ini Penyebab Diare pada Ibu Hamil!
Irwansyah dan Zaskia Sungkar. [Instagram]

Zaskia Sungkar sempat mengalami diare yang membuatnya BAB sebanyak 20 kali.

Suara.com - Zaskia Sungkar sempat dirawat di rumah sakit selama 3 hari karena diare hingga buang air besar lebih dari 20 kali. Istri Irwansyah ini mengalami diare karena mengonsumsi makanan pedas.

"Saking hebohnya makan. Kayaknya sih karena sambel matah. Ya kan mentah, biasanya nggak apa-apa sih. Mungkin nggak bersih. Tapi nggak tau juga," kata Zaskia Sungkar melalui kanal Youtube The Sungkars Family.

Zaskia Sungkar pun sempat khawatir dengan bayi dalam kandungannya ketika diare. Beruntungnya, bayi dalam kandungannya yang masih 8 bulan baik-baik saja.

"Tapi alhamdulillah banget. Alhamdulillaaah banget, baby-nya nggak kenapa-napa. Aku tu diare sampe 20 kali kemaren. Parah banget," katanya.

Baca Juga: Seberapa Mematikan Varian Baru Virus Corona Finlandia? Ini Temuan Ahli!

Umumnya, masalah sistem pencernaan adalah penyebab utama diare. Tapi dilansir dari Hellosehat, berbagai faktor bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami diare.

Ibu hamil (Unsplash)
Ibu hamil (Unsplash)

1. Perubahan hormon

Hormon adalah senyawa kimia dalam darah yang mendukung kinerja tubuh. Sedangkan, kadar hormon ibu hamil pasti mengalami banyak perubahan untuk menunjukkan kerja tubuh sampai melahirkan.

Beberapa hormon yang penting selama kehamilan adalah estrogen, progestron, oksitosin, HCG dan prolaktin. Perubahan kadar hormon tersebut bisa menyebabkan diare pada ibu hamil.

2. Perubahan pola makan

Baca Juga: Studi: 20 Persen Pasien Covid-19 dengan Diabetes Meninggal dalam 28 Hari

Pola makan yang berubah drastis selama kehamilan juga sering menyebabkan diare. Sebagian besar ibu hamil mungkin memilih lebih banyak makan buah dan sayur demi kesehatan kandungannya.

Komentar