alexametrics

Suami Ratu Elizabeth II Dirawat di Rumah Sakit Karena Infeksi

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Suami Ratu Elizabeth II Dirawat di Rumah Sakit Karena Infeksi
Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth dari Inggris berfoto bersama dekat Kapela Windsor pada Oktober 2018. [AFP/Alastair Grant]

Pangeran Philip dibawa ke rumah sakit karena merasa tidak enak badan pada Selasa.

Suara.com - Istana Buckingham, Inggris, mengumumkan pada Selasa (23/2/2021) bahwa Pengaran Philip, suami Ratu Elizabeth II, sedang dirawat inap selama beberapa hari karena mengalami infeksi.

"Duke of Edinburg tetap berada di Rumah Sakit King Edward VII, di mana dia menerima perawatan medis untuk infeksi," kata istana dalam sebuah pernyataan, dilansir CNN.

Istana mengatakan bahwa pangeran merasa nyaman dan menganggapi semua pengobatan yang diberikan rumah sakit, dan akan dirawat inap selama beberapa hari.

Pangeran Philip dibawa ke rumah sakit karena merasa tidak enak badan pada hari yang sama.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Resmi Cabut Gelar Pangeran Harry, Apa Kata Meghan Markle?

Pada Senin (22/2/2021), cucunya Pangeran William mengatakan sang kakek baik-baik saja dan staf rumah sakit akan terus mengawasinya.

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II. (Instagram/@kensingtonroyal)
Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II. (Instagram/@kensingtonroyal)

Pihak istana menegaskan bahwa infeksi yang dialami Pangeran Philip tidak berhubungan dengan virus corona. Sang pangeran dan ratu pun sudah merima vaksin bulan lalu, lapor BBC.

Sang putra, Pangeran Edward, mengatakan kondisi ayahnya jauh lebih baik dan sangat menghargai pesan yang diterimanya dari publik.

"Dia sangat menantikan waktunya keluar (dari rumah sakit), yang merupakan hal positif," tutur Earl of Wessex tersebut.

Infeksi yang dialami Pangeran Philip kali ini disebut bukan keadaan darurat. Sehingga ia dibawa ke rumah sakit hanya menggunakan mobil dan berjalan tanpa bantuan.

Baca Juga: Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth Masuk Rumah Sakit

Pria berusia 100 tahun ini sudah beberapa kali dibawa ke rumah sakit dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2011, sang pangeran mengalami penyumbatan arteri koroner, pada 2012 mengalami infeksi saluran kemih, dan menjalani operasi eksplorasi di bagian perut pada Juni 2013.

Terakhir pada 2019 ia mendapat perawatan rumah sakit karena penyakit komorbid.

Komentar