alexametrics

Termasuk Sakit Rahang, 6 Kondisi Berikut Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Termasuk Sakit Rahang, 6 Kondisi Berikut Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung
Perempuan terkena serangan jantung. (Shutterstock)

Gejala penyakit jantung bisa muncul dengan berbagai kondisi, apa saja?

Suara.com - Penyakit jantung atau kardiovaskular menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling mematikan. Sayangnya banyak orang tidak mengenali gejala halus dan ringan dari penyakit tersebut.

"Banyak orang memandang nyeri dada sebagai tanda peringatan penyakit kardiovaskular," kata Mariko Harper, seorang dokter di Seattle yang mengkhususkan diri pada penyakit kardiovaskular, kardiologi nuklir, dan ekokardiografi.

"Padahal banyak orang yang mengalami serangan jantung namun tidak memiliki gejala dada sama sekali. Mereka mungkin muncul dengan gejala yang lebih atipikal atau halus," imbuahnya.

Melansir dari Huffpost, berikut beberapa tanda halus masalah kardiovaskular, antara lain:

Baca Juga: Studi Ungkap Kaitan Kebiasaan Minum Kopi dengan Risiko Masalah Jantung

1. Pembengkakan Kaki

Christine Bishara, pendiri praktik medis integratif From Within Medical di New York, mengatakan pembengkakan di kaki bagian bawah terutama pergelangan kaki dan kaki bisa menandakan kondisi masalah jantung. Masalah ini juga dikenal sebagai edema.

"Jika jantung Anda kehilangan kemampuannya untuk memompa darah ke seluruh tubuh, baik melalui otot jantung yang melemah atau kerusakan jaringan jantung akibat serangan jantung melambat danmenyebabkan pembengkakan kaki," kata Bishara.

2. Sesak Napas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa beberapa orang dengan masalah jantung tidak akan mengalami nyeri dada. Meskipun hal ini dapat terjadi pada siapa saja, Bishara mengatakan sesak napas yang menandakan masalah jantung sering kali terjadi pada pasien diabetes.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Bisa Alami Gejala Jangka Panjang, Siapa Paling Berisiko?

3. Kelelahan

Perasaan lelah yang tidak bisa Anda kendalikan mungkin merupakan tanda halus masalah jantung. Apalagi jika Anda sendiri tidak mampu menjelaskan penyebab kelalahan tersebut.

"Jika gejala kelelahan adalah akut atau tanpa penyebab mendasar yang dapat diidentifikasi, konsultasikan dengan dokter Anda," kata Bishara.

4. Nyeri Punggung Atas, Bahu Kiri, atau Lengan Tanpa Sebab

Bishara mengatakan rasa sakit tersebut tidak boleh diabaikan karena mungkin juga merupakan tanda penyumbatan jantung atau serangan jantung yang akan datang. Gejala punggung sering terjadi pada perempuan dan terkadang menjadi satu-satunya gejala.

5. Jantung Berbedar

Jantung yang berdebar atau palpitasi yang datang tanpa sebab bisa menjadi tanda masalah jantung. Palpitasi normal terjadi saat Anda olahraga, konsumsi kafein, dan kecemasan. Namun, jika Anda sedang duduk atau dalam keadaan santai dan jantung Anda mulai berdebar kencang, maka bisa menjadi pertanda masalah jantung.

6. Sakit Rahang

Masalah kardiovaskular dapat bermanifestasi sebagai ketidaknyamanan pada rahang. Marcus Smith, seorang dokter di CardioVascular Health Clinic di Oklahoma menyatakan bahwa nyeri rahang yang awalnya diyakini terkait dengan gigi sering kali merupakan masalah jantung.

"Saraf yang menginervasi jantung Anda dan menimbulkan sensasi nyeri adalah saraf yang sama yang menyebabkan sensasi pada masalah ortopedi, masalah gastrointestinal, dan masalah gigi; itu distribusi saraf yang sama," kata Smith.

Komentar