alexametrics

Fakta Rumput Fatimah: Herbal yang Diduga Sebabkan Keguguran dan Rahim Robek

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Fakta Rumput Fatimah: Herbal yang Diduga Sebabkan Keguguran dan Rahim Robek
Janin meninggal karena rumput fatimah (Instagram/@infobumildansikecil)

Sebuah kisah mengejutkan diungkap oleh akun TikTok @infobumildansikecil mengenai efek samping rumput fatimah yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Suara.com - Sebuah kisah mengejutkan diungkap oleh akun TikTok @infobumildansikecil mengenai efek samping rumput fatimah yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Video viral yang telah dilihat hingga 7,5 juta kali itu menjelaskan bagaimana tanaman yang juga dikenal sebagai kacip fatimah ini menyebakan detak jantung janin ditemukan negatif dan ibu mengalami syok akibat perdarahan.

"Pasien harus dioperasi karena ruptur rahim. Dirawat di ICU selama 7 hari menghabiskan 20 kantong darah. Setelah diselidiki minum rumput fatimah," tulis video tersebut.

Menurut akun yang sering membagikan konten mengenai kesehatan ibu hamil dan anak tersebut, sudah banyak kasus serupa yang dialami ibu hamil karena mengonsumsi rumput fatimah. Itulah sebabnya ia memperingatkan, agar jangan sampai kasus ini terjadi kembali.

Baca Juga: Istri Pilih Hamil Alami, Sule : Yang Penting Kita Produksi Terus

Ibu Hamil Alami Keguguran dan Rahim Robek Setelah Konsumsi Rumput Fatimah. (TikTok)
Ibu Hamil Alami Keguguran dan Rahim Robek Setelah Konsumsi Rumput Fatimah. (TikTok)

Sebenarnya, apa sih rumput fatimah ini? Sebelum mencoba untuk mengonsumsinya, simak beberapa fakta menarik dari tanaman ini, yang Suara.com lansir dari berbagai sumber.

1. Dinilai memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan reproduksi perempuan
Rumput fatimah adalah salah satu bahan tradisional yang paling populer dan sering dikonsumsi sebagai jamu-jamuan. Umumnya digunakan untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi perempuan, membantu mengencangkan dan melumasi Miss V, serta meningkatkan fungsi seksual.

2. Dikonsumsi sebagai minuman
Rumput fatimah biasa disantap sebagai makanan pembuka oleh kaum wanita Melayu. Di mana, air rebusannya biasa dikonsumsi oleh mereka yang menderita keputihan (keputihan yang intens) serta dipercaya untuk memperlancar proses persalinan, diare dan perut kembung. Namun, bukan berarti ramuan ini tidak boleh diminum oleh laki-laki karena diketahui tidak memiliki efek samping.

3. Kandungan rumput fatimah
Di Malaysia, Labisia pumila dikenal secara lokal sebagai selusuh fatimah (secara harfiah berarti obat persalinan fatimah) dan kacip fatimah (gunting sirih fatimah). Akar Labisia pumila ditemukan mengandung turunan benzoquinone dan campuran turunan resorsinol. Kacip Fatimah juga kaya akan fitoestrogen dan isoflavon, yang dapat meredakan gejala menopause.

4. Berbahaya bagi ibu hamil
Rumput fatimah juga mengandung oksitosin, zat yang digunakan oleh tubuh untuk merangsang kontraksi rahim, sehingga diyakini dapat mempercepat persalinan. Zat mirip oksitosin yang terkandung dalam rumput fatimah sama dengan obat yang diberikan untuk merangsang kontraksi.

Baca Juga: Pertama Kali, Bayi Baru Lahir Punya Antibodi Covid-19 Usai Ibunya Vaksinasi

Sayangnya oksitosin yang terkandung di dalamnya tidak dapat diukur. Semakin lama direndam, kadar oksitosin yang terlarut menjadi lebih terkonsentrasi. Jadi efeknya dianggap bisa sangat berbahaya jika digunakan dalam dosis dan aturan yang tidak seharusnya. Mulai dari kematian janin, robek rahim hingga pendarahan hebat.

Komentar