alexametrics

Hindari 5 Kebiasaan Ini Selama Kehamilan, Cermati Bahayanya!

Rauhanda Riyantama | Shevinna Putti Anggraeni
Hindari 5 Kebiasaan Ini Selama Kehamilan, Cermati Bahayanya!
Ibu Hamil (Envato)

Ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari selama masa kehamilan.

Suara.com - Semua orangtua pasti ingin memiliki anak yang tumbuh sehat dan pintar. Karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama kehamilan.

Sebab, kebiasaan tertentu selama kehamilan bisa berdampak jangka panjang pada anak. Tapi, banyak ibu hamil justru mengabaikan masalah tersebut.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa kebiasaan yang harus dihindari selama masa kehamilan.

Ilustrasi ibu hamil (Freepik)
Ilustrasi ibu hamil (Freepik)

1. Jangan makan daging mentah dan seafood

Baca Juga: Studi Sebut Selain Paru-Paru, Virus Corona Juga Bersarang di Mulut

Ibu hamil harus mengonsumsi makanan bergizi. Tapi, ibu hamil tidak boleh terlalu memilih makanan. Karena, kebiasaan ini bisa membuat bayi lebih pilih-pilih makanan.

Daging dan makanan laut yang kurang matang atau mentah bisa meningkatkan risiko keracunan makanan sehingga menyebabkan komplikasi kesehatan pada bayi, seperti masalah jantung dan ginjal, infeksi otak dan darah, persalinan prematur dan keguguran.

Selain itu, makan ikan mentah terlalu banyak. Anda mungkin membuat bayi Anda terpapar merkuri tingkat tinggi yang bisa menyebabkan masalah penglihatan, pendengaran dan kerusakan otak.

2. Jangan terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari

Selama 6 bulan kehamilan. bayi mulai membuka matanya di dalam Rahim. Ibu hamil disarankan berjemur atau menjemur perut di bawah sinar matahari untuk membantu janin merespons cahaya.

Baca Juga: Virus Corona Covid-19 atau Alergi, Begini Cara Membedakannya!

Tapi, hindari berjemur terlalu lama karena berbahaya bagi janin. Anda bisa berjemur sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 3 sore.

Komentar