alexametrics

Panaskan Susu UHT Bisa Hilangkan Kandungan Nutrisi, Mitos atau Fakta?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Panaskan Susu UHT Bisa Hilangkan Kandungan Nutrisi, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi Susu (Pixabay)

Klaim yang menyebut susu UHT tidak boleh dipanaskan sudah ada sejak lama. Sebab, nutrisi pada susu UHT bisa hilang jika dipanaskan. Mitos atau fakta ya?

Suara.com - Klaim yang menyebut susu UHT tidak boleh dipanaskan sudah ada sejak lama. Sebab, nutrisi pada susu UHT bisa hilang jika dipanaskan. Mitos atau fakta ya?

Ya, minum susu hangat disebut baik untuk kesehatan. Minum susu hangat sebelum tidur bahkan bisa membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak.

Tapi untuk susu ultra high temperature (UHT) yang sudah dimasak atau dipanaskan sebelumnya, bolehkah dipanaskan kembali? Benarkah bisa menghilangkan nutrisi jika dipanaskan?

Hal ini dibenarkan Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia (FFI), Andrew F. Saputro yang mengatakan susu UHT boleh dipanaskan kembali, dengan catatan tidak terlalu lama terpapar suhu didih air atau mencapai 100 derajat celcius.

Baca Juga: Viral Bidan Cerita Bayi Pasiennya Diberi Susu Kambing, Apa Bahayanya?

"Kami sarankan kalau ingin memanaskan itu jangan biarkan mendidih lebih dari 2 menit. Mendidih di sini maksudnya sampai suhu 100 derajat," ujar Andrew dalam acara webinar Frisian Flag Indonesia, Selasa (6/4/2021).

Berdasarkan pemaparan yang didapatkan Andrew dari ahli teknologi dan sains FFI, jika susu UHT terlalu lama terpapar suhu 100 derajat celcius lebih dari 2 menit, maka dikhawatirkan bakteri baik yang ada di susu akan hilang dan perlahan kandungan nutrisi di dalamnya semakin berkurang.

"Informasi dari technology di pabrik, pada prinsipnya nutrisi yang ada di susu bisa alami perubahan atau menurun kadarnya ketika dipanaskan sampai waktu yang lama," terang Andrew.

Sementara itu, dalam susu terkandung 9 nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin A, D, dan B12, kalsium, kalium, fosfor, riboflavin, niacin, seng, dan magnesium.

Adapun menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, khusus untuk kalsium, vitamin D dan kalium adalah 3 nutrisi yang paling jarang didapatkan orang dewasa dan selalu kekurangan setiap harinya.

Baca Juga: 5 Manfaat Rajin Minum Susu Untuk Kesehatan Kulit

Sehingga The Dietary Guidelines for Americans menyarankan orang yang berusia di atas 9 tahun mengonsumsi 3 porsi gelas susu setiap harinya.

Komentar