alexametrics

Audi Marissa Melahirkan secara Prematur, Bagaimana Ciri-Ciri pada Bayi?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Audi Marissa Melahirkan secara Prematur, Bagaimana Ciri-Ciri pada Bayi?
Audi Marissa dan Anthony Xie [Instagram]

Audi Marissa melahirkan di usia kandungan 31 minggu 4 hari.

Suara.com - Aktris Audi Marissa melahirkan bayi prematur saat kandungannya menginjak 31 minggu 4 hari, pada Rabu (7/4/2021). Karena kondisi ini, putranya yang diberi nama Anzel Maverick Xie harus dipantau di ruang NICU.

"Jadi mama belum bisa peluk langsung. Ohya ini photo USG beberapa jam sebelum lahir. Maaf om tante online belum bisa kasih liat keadaan Bao Bao sekarang karena masih dirawat dalam inkubator," tulis Audi dalam unggahan Instagramnya.

Kelahiran disebut prematur saat bayi lahir sebelum minggu ke-37 atau lebih awal dari hari perkiraan lahir. Kondisi ini terjadi saat sang ibu mengalami kontraksi rahim dan mengakibatkan terbukanya leher rahim atau serviks, sehingga bayi memasuki jalan lahir.

Berdasarkan Alodokter, secara fisik, bayi lahir prematur akan terlihat berbeda dari bayi yang lahir normal. Mereka memiliki tubuh lebih kecil dan kepala yang sedikit lebih besar.

Baca Juga: Tega, 3 Dokter Masukkan Bayi Prematur ke Lemari Pendingin Meski Masih Hidup

Unggahan Audi Marissa [Instagram/@audimarissa]
Unggahan Audi Marissa [Instagram/@audimarissa]

Ciri lainnya adalah:

  • Diselimuti bulu halus yang tumbuh lebat di sekujur tubuh
  • Bentuk mata tidak bulat karena kekurangan lemak tubuh
  • Suhu tubuh rendah
  • Sulit bernapas karena perkembangan paru belum sempurna
  • Belum bisa mengisap dan menelan secara sempurna, sehingga sulit menerima asupan makanan

Usia kehamilan juga akan menentukan kesehatan sang bayi. Misalnya, kondisi bayi yang lahir antara usia kehamilan 28 hingga 32 minggu akan membaik secara bertahap. Setelah 32 minggu, risiko bayi mengalami gangguan semakin rendah.

Bayi prematur akan menjalani perawatan intensif di ruang NICU (neonatal intensive care unit) hingga organ berkembang sempurna dan kondisi bayi stabil.

Pemberian ASI pada bayi prematur biasanya akan melalui selang makan yang dipasang melalui hidung. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan jantung secara berkala dengan USG jantung atau ekokardiografi.

Baca Juga: Merawat Bayi Prematur Seperti Anak Zaskia Gotik dan 4 Berita Kesehatan Lain

Komentar