alexametrics

Anak Baim Wong Terkena Flu Singapura, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Anak Baim Wong Terkena Flu Singapura, Kenali Penyebab dan Gejalanya!
Pasangan selebritis Baim Wong Paula Verhoeven bersama Kiano.

Anak Baim Wong terkena flu Singapura dengan gejala bintik-bintik merah sebadan dan demam.

Suara.com - Kiano, anak pertama Baim Wong dan Paula Verhoeven sedang menderita demam beberapa hari belakangan. Setelah demam tinggi, hampir seluruh tubuh Kiano pun dipenuhi bintik-bintik merah.

Paula Verhoeven pun sempat memperlihatkan kondisi Kiano melalui vlog YouTube Baim Paula. Ia memperlihatkan beberapa bagian tubuh Kiano yang penuh bintik-bintik merah seperti cacar air.

"Bingung deh, kalau dugaanku mungkin karena panas tinggi jadi keluar merah-merah kayak bintik-bintik. Kemarin nggak keluar merah-merah, sekarang keluar semua badan," kata Paula Verhoeven.

Istri Baim Wong itu lantas memanggil seorang dokter ke rumah untuk memeriksa Kiano. Setelah diperiksa, Kiano pun positif didiagnosis menderita flu singapura.

Baca Juga: Apa yang Membuat Varian Virus Corona India Lebih Berbahaya?

"Kiano positif kena flu singapura, Kiano yang kuat ya...mamah papah saying Kiano. Semua sayang Kiano," judul vlog YouTube Baim Paula.

Flu Singapura adalah penyakit menular yang paling sering menyerang anak usia 5 hingga 10 tahun. Penyakit akibat infeksi virus ini bisa menyebabkan timbulnya sariawan di mulut dan ruam serta luka lepuh di kulit.

Kondisi Kiano yang terkena flu Singapura (Youtube/Baim Paula)
Kondisi Kiano yang terkena flu Singapura (Youtube/Baim Paula)

Penyebab Flu Singapura

Flu Singapura terjadi akibat infeksi virus dari kelompok enterovirus, yakni Coxsackievirus A16 dan Coxsackievirus A6. Virus ini hidup di cairan hidung dan tenggorokan, air liur, tinja, dan cairan dari lepuh di kulit.

Sehingga dilansir dari Alodokter, kontak dengan cairan atau tinja penderita bisa menyebabkan seseorang tertular flu Singapura, misalnya:

Baca Juga: Tokyo Mengonfirmasi Kasus Pertama Virus Corona Mutan Ganda dari India

  1. Menghirup percikan air liur ketika penderita bersin atau batuk
  2. Menyentuh mata, hidung atau mulut tanpa cuci tangan setelah menyentuh tinja penderita
  3. Berbagi alat makan dan minum dengan penderita
  4. Menyentuh benda yang terkontaminasi dan tidak cuci tangan setelahnya

Meskipun flu Singapura ini sering menyerang anak-anak, tapi tak menutupi kemungkinan orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Komentar