alexametrics

Tips dari Dokter Rayakan Lebaran Agar Aman dari Paparan Covid-19

Vania Rossa | Lilis Varwati
Tips dari Dokter Rayakan Lebaran Agar Aman dari Paparan Covid-19
Ilustrasi lebaran. (Shutterstock)

Pastikan Anda merayakan lebaran dengan tetap taat protokol kesehatan, ya.

Suara.com - Pandemi Covid-19 bukan halangan untuk tetap merayakan Hari Raya Idulfitri. Hanya perlu adaptasi kebiasaan dengan menerapkan protokol kesehatan, maka lebaran pun bisa terlaksana dengan aman dari paparan Covid-19.

Dokter dr. Ratih Citra Sari berikan tips khusus untuk merayakan lebaran dengan taat protokol kesehatan. Pertama, melakukan mudik lokal atau jalan-jalan yang hanya di sekitar tempat tinggal.

"Area aglomerasi di mana kita bisa melakukan perjalanan di dalam kota. Misalnya mau melakukan wisata lokal ke tempat wisata yang ada di sekitar, jadi itu adalah syarat untuk 2021," kata dokter Ratih dalam dialog virtual 'Hari Raya Datang, Prokes Harus Tetap Kencang', Rabu (5/5/2021).

Ia mengingatkan untuk tidak perlu lakukan perjalanan hingga pindah wilayah, sebab berisiko tinggi sebarkan virus corona ke lebih banyak orang.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Lebaran 2021 yang Menyentuh Hati

"Kalau kita enggak pindah daerah, kita enggak mungkin memberikan daerah lain virus tersebut. Jadi sangat penting untuk tetap berada di daerah masing-masing," ucapnya.

Tips kedua adalah dengan menghindari kerumunan, termasuk pada saat melakukan ibadah salat Idulfitri. Dokter Ratih mengingatkan untuk mengikuti panduan salat, salah satunya adalah anjuran untuk membawa sendiri alat atau perlengkapan ibadah terutama sajadah.

"Karena itu yang kita pakai untuk bersujud, jadi langsung terkena dengan mulut dan hidung. Kemudian protokol 3M juga enggak boleh dilupakan," imbuh dr. Ratih.

Selain itu, saat bersilaturahmi ada baiknya memanfaatkan teknologi. Sehingga tidak harus bertemu secara fisik, tetapi bisa melalui video call untuk berkumpul dengan keluarga. "Tidak menghilangkan esensi silaturahmi tapi tetap mendukung percepatan penanganan covid-19," katanya.

Tips terakhir, untuk berbelanja kebutuhan hari raya sebaiknya dilakukan secara daring. Kembali, memanfaatkan teknologi sangat berguna untuk tetap bisa mendapatkan kebutuhan lebaran mulai dari makanan, pakaian, bahkan sayuran.

Baca Juga: Dear Pemudik, Ada Ratusan Pos Pantau Didirikan di Setiap Jalan Tikus Bogor

"Teknologi membantu kita mengatasi segala problem untuk tetap kita bisa aktif selama masa pandemi. Jadi mudah-mudahan tidak terjadi lagi penumpukan atau kerumunan yang biasanya terjadi, bukan hanya di masjid lagi tapi pindah ke pusat perbelanjaan," ucapnya.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar