facebook

Mata Minus, Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Kacamata ke Softlens

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Mata Minus, Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Kacamata ke Softlens
Ilustrasi Lensa Kontak atau softlens (Pixabay)

Menurut Dokter Spesialis Mata, ukuran minus pada kacamata bisa berbeda pada softlens, akibat ada dan tidak adanya jarak pada kornea mata.

Suara.com - Memiliki mata minus dan ingin beralih dari menggunakan kacamata ke lensa kontak atau softlens? Jika ya, coba pertimbangkan untuk tidak menggunakan hasil pengukuran minus dan rabun untuk kacamata yang kamu gunakan produk lensa mata yang akan dipakai.

Menurut Dokter Spesialis Mata RS EMC Tangerang dr. Degiana Syabdini Edwixa, Sp.M ukuran minus pada kacamata bisa berbeda pada softlens, akibat ada dan tidak adanya jarak pada kornea mata.

"Ini karena softlens langsung nempel ke mata kita, kalau kacamata ada jaraknya antara kaca dan mata kita," papar dr. Degiana di akun Instagram RS EMC, Jumat (7/5/2021).

Dengan begitu, Degiana lebih menyarankan lebih dulu menjalani pemeriksaan mata untuk memeriksa ukuran minus atau rabun jauh dan rabun dekat versi kebutuhan softlens.

Baca Juga: Salah Kira Lem Kuku sebagai Obat Tetes, Mata Wanita Ini Merekat!

Ia mengatakan, dokter mata biasanya tidak akan langsung menyamakan ukuran minus dengan ukuran kacamata. Biasanya ukurannya cenderung dikurangi agar benar-benar pas, karena penggunaan softlens, tidak memiliki jarak dengan mata.

misal menggunakan kacamata ukuran minus 2, akan berbeda untuk softlens. Biasanya dokter akan mengurangi jadi minus 1,5 atau 1,75 dan sebagainya bergantung pada uji coba dan kenyamanan penglihatan.

"Kita periksa menyeluruh dulu kondisi matanya, mulai dari kelainan refraksi atau kelainan kacamata ukurannya, sehingga ukuran itu bisa disesuaikan dengan ukuran softlensnya," jelas Degiana.

Hal lain yang perlu diingat, Degiana mengatakan setiap orang memiliki lengkungan bola mata atau kornea yang berbeda. Sehingga pemeriksaan mata sebelum memakai softlens sangat penting agar mata nyaman dan tidak infeksi penyebab mata merah, kering hingga berair saat menggunakan softlens.

"Kadang ada yang gunakan softlens tidak pas, terlalu menekan, atau longgar, sehingga komplikasi bisa iritasi bisa matanya kering, itu yang sering kejadian," pungkas Degiana.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Pilihan Kacamata Mengungkap Hal Sebenarnya Tentang Dirimu

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar