alexametrics

Infeksi Jamur Hitam dan Jamur Putih Meresahkan, Kenali Gejala dan Faktor Risikonya

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Infeksi Jamur Hitam dan Jamur Putih Meresahkan, Kenali Gejala dan Faktor Risikonya
Ilustrasi pasien infeksi jamur. (Shutterstock)

Infeksi jamur hitam dan jamur putih sedang merebak di India.

Suara.com - Infeksi jamur hitam dan putih yang sedang merebak di India tengah menimbulkan kekhawatiran. Karena, beberapa kasus menimpa pasien virus corona Covid-19.

Apalagi jamur putih dikabarkan lebih berbahaya daripada infeksi jamur hitam. Para dokter juga memperingatkan bhawa penundaan pengobatan bisa menyebabkan kematian, sehingga kondisi ini harus ditangani dengan serius.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa hal yang harus Anda ketahui dari infeksi jamur putih dan jamur hitam.

1. Infeksi jamur putih

Baca Juga: Studi: Penderita PCOS Lebih Berisiko Terinfeksi Virus Corona Covid-19

Infeksi jamur putih dinilai lebih berbahaya karena berdampak besar pada paru-paru dan bagian tubuh lainnya. Hal ini bisa membuat infeksi jamur putih menjadi lebih mematikan dan berdampak pada organ vital, seperti otak, sistem pernapasan dan saluran pencernaan.

Umumnya, infeksi jamur putih menyerang orang yang immunocompromised, yaitu mereka yang memiliki imunitas rendah. Lingkungan tidak bersih yang mengandung jamur juga membuat orang rentan tertular jamur putih ini.

Ilustrasi pasien virus corona Covid-19 (Unsplash)
Ilustrasi pasien virus corona Covid-19 (Unsplash)

Meskipun penyakit ini tidak menular, tapi orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh bisa berisiko. Karena, jamur putih ini bisa dihirup oleh pasien. Bahkan, penderita diabetes dan orang yang menderita kanker maupun menjalani pengobatan steroid juga berisiko tertular jamur putih.

Gejala infeksi jamur putih juga sangat mirip dengan virus corona Covid-19. Paru-paru yang terinfeksi jamur putih bisa mengalami nyeri dada, batuk, dan sesak napas. Kondisi ini juga bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri, infeksi hingga pembengkakan.

2. Infeksi jamur hitam

Baca Juga: Varian Baru Virus Corona Sebabkan Kasus Covid-19 di Kepri Tinggi

Infeksi jamur hitam atau mucormycosis bisa mempengaruhi bagian wajah, hidung, orbit mata dan otak. Bahkan, infeksi jamur hitam bisa menyebabkan kehilangan penglihatan.

Komentar