alexametrics

Tidak Hanya Makan Makanan Sehat, Rutin Berhubungan Seks Juga Bisa Memperpanjang Usia Loh

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Tidak Hanya Makan Makanan Sehat, Rutin Berhubungan Seks Juga Bisa Memperpanjang Usia Loh
Ilustrasi bercinta (shutterstock)

Bagaimana cara seks membuat umur kita bertambah panjang?

Suara.com - Anda mungkin sering mendengar bahwa resep umur panjang adalah makan makanan sehat, rutin berolahraga, atau hindari kebiasaan merokok. Tetapi sebenarnya ada satu rekomendasi lagi, yakni berhubungan seks secara teratur.

Peneliti Inggris mensurvei frekuensi hubungan seks dari 918 penduduk laki-laki yang cukup sehat di desa Welsh, Caerphilly, berusia 45 hingga 59 tahun ketika penelitian dimulai (pada 1979 hingga 1983).

Satu dekade kemudian, mereka memeriksa kembali para pria tersebut, ketika sudah berusia 55 hingga 69 tahun.

Dari kelompok yang diteliti, 150 orang meninggal. Sebanyak 67 orang penyebab kematiannya adalah serangan jantung dan 83 lainnya karena sebab lain.

Baca Juga: Rahasia Umur Panjang Supercentenarian, Orang Berusia Lebih dari 110 Tahun

Kemudian, peneliti menghubungkan frekuensi hubungan seksual pria seperti yang dilaporkan dalam survei asli dengan kematiannya, atau kelangsungan hidup para pria 10 tahun kemudian.

Mereka menemukan, dibandingkan dengan pria yang melakukan hubungan seksual sekali sebulan, orang yang melaporkan dirinya bercinta dua kali seminggu mengalami pengurangan risiko kematian.

Ilustrasi berhubungan intim. (Shutterstock)
Ilustrasi berhubungan intim. (Shutterstock)

Ketika penelitian ini terbit, banyak ahli lainnya menduga bukan seks yang menyebabkan usia mereka lebih panjang, tetapi ada perbedaan dalam gaya hidupnya.

Tetapi hasil penelitian membuktikan bahwa satu-satunya perbedaan kesehatan dalam hal ini adalah tingkat kolesterol, beberapa pria memiliki kadar kolesterol tinggi, sedangkan yang lainnya rendah.

Faktanya, pria berkolesterol tinggi dalam kelompok frekuensi hubungan seksual terbanyak memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih paling rendah.

Baca Juga: Bikin Banjir Air Mata, Istri Minta Umur Panjang Buat Ngurusin Ramzi

Jadi peneliti kembali menyimpulkan bahwa berhubungan intim secara teratur mencegah kematian dini, atau dapat dikatakan memperpanjang usia.

Dua penelitian lain juga mendukung hasil studi dari Inggris tersebut, yang menunjukkan tingginya frekuensi bercinta berkaitan dengan kehidupan yang lebih sehat dan lebih lama.

Mengapa seks bisa memperpanjang usia? Dilansir Psychology Today, ada beberapa kemungkinannya, yakni:

  • Sering berhubungan seks berarti mempererat hubungan intim dengan pasangan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa ikatan pribadi yang erat meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur.
  • Seks adalah olahraga, dan olahraga teratur menjaga kesehatan tubuh.
  • Seks itu membuat rileks. Banyak penelitian menunjukkan mengelola stres sangat baik untuk kesehatan.

Berdasarkan studi dari Wilkes University di Wilkes-Barre, Pennsylvania, sering berhubungan seks meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Komentar