alexametrics

Waspada Kuku Menonjol dan Berubah Warna, Tanda Kekurangan Nutrisi

Vania Rossa | Dian Kusumo Hapsari
Waspada Kuku Menonjol dan Berubah Warna, Tanda Kekurangan Nutrisi
Ilustrasi kuku menonjol (Shutterstock)

Kuku menonjol yang disertai dengan perubahan warna mungkin disebabkan oleh kondisi medis yang lebih serius, dan Anda mungkin perlu segera pergi ke dokter.

Suara.com - Selama ini, kuku kerap dijadikan indikator kesehatan fisik. Salah satunya kuku menonjol. Tonjolan di kuku seringkali merupakan tanda penuaan yang normal. Tapi, kondisi ini juga bisa menunjukkan kekurangan vitamin atau dehidrasi.

Dilansir dari Daily Star, dr. Ross Perry dari klinik kulit Cosmedics mengatakan bahwa kuku menonjol dapat disebabkan oleh faktor nutrisi seperti kekurangan vitamin A. Atau bisa juga karena tubuh Anda kekurangan protein atau kalsium.

"Kekurangan zat besi yang parah juga bisa membuat tonjolan dan perubahan lain pada kuku," tambahnya lagi.

Akan tetapi, dr. Ross memperingatkan bahwa tonjolan kuku yang disertai dengan perubahan warna mungkin disebabkan oleh kondisi medis yang lebih serius, dan Anda mungkin perlu segera pergi ke dokter.

Baca Juga: Kuku Kamu Berubah Jadi Begini, Bisa Jadi Pernah Terinfeksi Covid-19 Tanpa Sadar

"Meskipun jarang, ini bisa menjadi gejala dari kondisi medis yang lebih serius seperti penyakit ginjal, dan akan diperlukan tes medis untuk menentukan penyebabnya," katanya.

Perubahan pada kuku perlu mendapat perhatian serius. Misalnya, memiliki tanda putih di kuku bisa jadi karena reaksi alergi atau kekurangan mineral. Kemudian kuku yang melengkung ke dalam bisa mengkhawatirkan jika orang dewasa mengalaminya.

Kuku yang melengkung berbentuk sendok, misalnya, bisa menunjukkan masalah lain, seperti hemokromatosis atau penyakit ketika kadar zat besi di dalam tubuh terlalu berlebihan.

Komentar