alexametrics

Simak Lagi! Cara Benar Menggunakan Masker Dua Lapis dan Manfaatnya

M. Reza Sulaiman
Simak Lagi! Cara Benar Menggunakan Masker Dua Lapis dan Manfaatnya
ilustrasi masker dua lapis. (Dok. Envato)

Menggunakan masker dua lapis alias masker ganda direkomendasikan untuk mencegah penyebaran varian baru virus Corona.

Suara.com - Menggunakan masker dua lapis alias masker ganda direkomendasikan untuk mencegah penyebaran varian baru virus Corona.

Untuk itu, penting bagi masyarakat untuk menyimak lagi bagaimana cara menggunakan masker dua lapis yang tepat, serta manfaat yang diberikan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC AS) mengeluarkan pedoman tata cara penggunaan masker yang baik dan tepat. Simak rekomendasi pemakaian masker dari CDC berikut ini.

1. Penggunaan masker dua lapis

Baca Juga: Anjuran Pakai Masker Dua Lapis, Benarkah Bisa Mencegah Infeksi Varian Baru Virus Corona?

Penggunaan masker ganda dapat melindungi diri dari paparan virus hingga 94 persen.

Infografis jenis masker dan kegunaannya. (Dok. Suara.com)
Infografis jenis masker dan kegunaannya. (Dok. Suara.com)

Mengenakan masker kain di atas masker bedah memberikan perlindungan lebih terhadap virus. Masker pertama dapat berfungsi sebagai penghalang fisik dan yang kedua dapat menyaring partikel yang tersisa.

Gagasan di balik penggandaan masker adalah bahwa itu dapat melindungi dari partikel di udara yang mungkin dihirup oleh kebanyakan orang melalui masker yang tidak dipasang dengan benar.

Namun ingat, kombinasi masker yang digunakan adalah masker kain dan masker medis. Anda tidak disarankan menggunakan masker ganda dari kain dua-duanya, ataupun masker medis dua-duanya.

2. Pakai mask filter

Baca Juga: Pemuda Keciduk Ngumpet di Bawah Wastafel, Takut Kena Razia Masker

Mask filter memiliki fungsi perlindungan hingga 90 persen dari paparan virus. Masker dengan filter ditandai oleh adanya kantong di tengah masker, yang bisa diisi ulang dnegan filter HEPA atau bahan lainnya.

Komentar