facebook

Catat, Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Diberikan pada Balita Usia 1-3 Tahun

Yasinta Rahmawati
Catat, Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Diberikan pada Balita Usia 1-3 Tahun

Memberikan makan balita tentu tidak bisa sembarangan.

Suara.com - Dalam urusan memberi makanan pada balita yang baru berusia 1-3 tahun, orangtua tentu perlu berhati-hati. Usia ini merupakan periode penting untuk pertumbuhan setelah akhir masa penyapihan dan mulai mengonsumsi makanan padat.

Maka dari itu, orangtua perlu menyiapkan asupan yang baik dan tidak membahayakan. Dirangkum dari News18, berikut apa yang harus atau tidak boleh balita konsumsi di usia tersebut.

1. Makanan pedas dan berminyak

Meski disarankan untuk menambah bumbu secara bertahap ke makanan mereka, sebaiknya hindari menggunakan terlalu banyak bumbu, cabai dan berminyak. Sebab dapat menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk mulas pada balita.

Baca Juga: Viral Monyet Ambil Gorengan Pengunjung Taman Unri, Netizen: Santuy Banget

2. Sayuran atau buah utuh

Memberi sayuran dan buah utuh atau dalam potongan besar dikhawatirkan dapat menyebabkan balita tersedak. Direkomendasikan untuk memberi makanan yang dicincang halus atau dilunakkan terlebih dahulu.

Ilustrasi balita makan buah-buahan. (Shutterstock)
Ilustrasi balita makan buah-buahan. (Shutterstock)

3. Kacang dan biji-bijan utuh

Sama seperti buah dan sayuran potongan besar, kacang tidak aman untuk anak-anak karena dapat menimbulkan risiko tersedak. Bayi belum mengembangkan gigi dan tidak akan bisa mengunyah kacang atau bijinya. Kerongkongan mereka juga tipis dan dapat menyebabkan penyumbatan fatal.

4. Permen atau permen karet

Baca Juga: Mengerikan! 655 Anak-anak Jakarta Positif COVID-19, Ada 244 Balita

Biasanya balita sangat menyukai makanan manis ini, namun keduanya juga dapat menyebabkan tersedak yang berujung pada kematian.

Komentar