alexametrics

Tes Covid-19 dengan Seka Ponsel dan 4 Berita Kesehatan Menarik Lainnya

M. Reza Sulaiman
Tes Covid-19 dengan Seka Ponsel dan 4 Berita Kesehatan Menarik Lainnya
Warga menjalani tes usap PCR (Swab Test) di GSI Lab (Genomik Solidaritas Indonesia Laboratorium), Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (19/10/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Metode baru tes Covid-19 dengan menyeka ponsel menjadi berita kesehatan menarik paling banyak dibaca hari ini, Kamis (24/6/2021).

Suara.com - Metode baru tes Covid-19 dengan menyeka ponsel menjadi berita kesehatan menarik paling banyak dibaca hari ini, Kamis (24/6/2021).

Ada juga pembahasan tentang 200 nama bayi lelaki dari bahasa sansekerta hingga dampak baik bakteri vagina pada bayi yang lahir secara normal.

Simak rangkuman berita kesehatan menarik lainnya dari Suara.com, berikut ini.

1. Tak Perlu Colok Hidung, Kini Ada Tes Covid-19 Cukup dengan Seka Ponsel

Baca Juga: Tak Perlu Colok Hidung, Kini Ada Tes Covid-19 Cukup dengan Seka Ponsel

Ilustrasi tes Covid-19. (Dok: ELements Envanto)
Ilustrasi tes Covid-19. (Dok: ELements Envanto)

Jika selama ini tes Covid-19 dilakukan dengan metode Swab, kini ada cara terbaru. Tes Covid-19 ini bisa dilakukan hanya dengan menyeka ponsel seseorang yang terindikasi Covid-19.

Bahkan tes ini disebut sama akuratnya dengan tes swab yang memasukan alat ke hidung dan tenggorokan.

Baca selengkapnya

2. 200 Nama Bayi Laki-laki dari Bahasa Sansekerta A - Z dan Maknanya, Nggak Pasaran Lho!

Ilustrasi nama bayi laki-laki. (Shutterstock)
Ilustrasi nama bayi laki-laki. (Shutterstock)

Nama bayi laki-laki dari bahasa Sansekerta kerap dipilih orangtua saat menamakan buah hatinya. Selain unik, bahasa kuno ini tidak pasaran dan menyimpan makna atau arti yang indah, sehingga kerap dipakai sebagai nama untuk bayi yang baru lahir.

Baca Juga: Resep Minuman Alami untuk Kekebalan Tubuh dan 4 Berita Kesehatan Menarik Lainnya

Hal ini tentu menjadi keistimewaan tersendiri, terlebih nama selalu menyimpan doa dan harapan. Memilih nama terbaik, tentu menjadi hal utama, bahkan sejak sebelum mereka dilahirkan ke dunia.

Baca selengkapnya

3. Bayi Lahir Caesar Kehilangan Bakteri Baik dari Ibu, Cairan Vagina Bisa Membantu

Ilustrasi melahirkan.[Pexels/Rene Asmussen]
Ilustrasi melahirkan.[Pexels/Rene Asmussen]

Saat bayi lahir, jalur kelairan vagina menyediakan berbagai bakteri yang menguntungkan bagi bayi. Hal ini yang kemudian membuat anak-anak yang lahir melalui persalinan caesar tidak mendapatkan keuntungan tersebut. 

Melansir dari Medicinenet, untuk mengurangi selisih bakteri menguntungkan antara yang lahir vagina dan ceasar, para peneliti melaporkan bahwa menyeka bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar dengan kain kasa yang telah diberi benih cairan vagina ibu. Upaya ini membangun perlindungan yang sama untuk bayi yang baru lahir secara caesar.

Baca selengkapnya

4. Britney Spears Dipaksa Konsumsi Lithium, Apa Sih Fungsi dan Efeknya?

Britney Spears. (@lamiscorner/instagram)
Britney Spears. (@lamiscorner/instagram)

Penyanyi pop Britney Spears kembali muncul dan mengagetkan publik. Ia menjalani pengadilan dan melaporkan berbagai tindakan melecehkan oleh ayah kandungnya sendiri, Jamie Spears.

Selama 13 tahun, Britney berada di bawah konservatori atau pengawasan legal karena masalah kesehatan mentalnya. Namun ia mengalami berbagai pengekangan berlebihan, pelecehan, larangan melepas IUD hingga dipaksa konsumsi Lithium. 

Baca selengkapnya

5. Sedih Banget! IDAI Ungkap 2 Anak Meninggal Setiap Hari Akibat Covid-19

Petugas mengangkat peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Padurenan, Mustika Jaya, Bekasi, Rabu (23/6/2021).  [Suara.com/Dian Latifah]
Petugas mengangkat peti jenazah pasien Covid-19 di TPU Padurenan, Mustika Jaya, Bekasi, Rabu (23/6/2021). [Suara.com/Dian Latifah]

Hari ini, Kamis (24/6/2021), Indonesia memecahkan rekor jumlah kasus Covid-19 baru dalam sehari yang mencapai lebih dari 20.000.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Aman Pulungan, Sp. A., menyampaikan bahwa angka kematian anak akibat Covid-19 mencapai 12,5 persen. Dari persentase tersebut setengahnya merupakan anak balita.

Baca selengkapnya

Komentar