alexametrics

Secangkir Kopi Setiap Pagi Kurangi Risiko Kanker Hati, Ini Penjelasan Peneliti

M. Reza Sulaiman | Dian Kusumo Hapsari
Secangkir Kopi Setiap Pagi Kurangi Risiko Kanker Hati, Ini Penjelasan Peneliti
Ilustrasi minum kopi. (Sumber: Shutterstock)

Penelitian baru dari Inggris telah menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit hati kronis dan kondisi kesehatan hati lainnya.

Suara.com - Penelitian baru dari Inggris telah menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit hati kronis dan kondisi kesehatan hati lainnya.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health pada 22 Juni menemukan bahwa peminum kopi memiliki 21 persen penurunan risiko penyakit hati dan 49 persen lebih rendah risiko kematian akibat penyakit hati kronis.

Manfaat kesehatan tampak meningkat sekitar empat cangkir kopi sehari dan paling menonjol pada orang yang minum kopi bubuk daripada mereka yang minum kopi instan. Studi ini menambah bukti yang berkembang bahwa kopi tampaknya bermanfaat bagi kesehatan hati.

Dilansir melalui Healthline, para peneliti masih mempelajari bagaimana kopi dapat melawan penyakit hati, tetapi mereka menduga itu karena minuman populer tersebut memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-fibrotik.

Baca Juga: 3 Hal Baik yang Didapat dari Minum Kopi, Bisa Turunkan Berat Badan Juga

Kopi terkait dengan penurunan risiko penyakit hati

Para peneliti mengevaluasi data kesehatan dari 495.585 orang yang dilacak selama rata-rata 10 tahun. Dari kelompok tersebut, 78 persen mengonsumsi kopi bubuk berkafein, kopi instan, atau kopi tanpa kafein, dan 22 persen tidak mengonsumsi kopi.

Sepanjang penelitian, ada 3.600 kasus penyakit hati kronis atau steatosis, penumpukan lemak di hati. Ada juga 184 kasus karsinoma hepatoseluler alias kanker hati.

Peminum kopi dalam penelitian ini memiliki 21 persen penurunan risiko penyakit hati kronis dan 20 persen lebih rendah risiko penyakit hati berlemak. Peserta studi yang minum kopi juga memiliki 49 persen penurunan risiko kematian akibat penyakit hati kronis.

Manfaat kesehatan paling menonjol di antara mereka yang minum kopi bubuk berkafein. Meskipun kopi instan dan kopi tanpa kafein dikaitkan dengan manfaat kesehatan, kopi bubuk memiliki efek terbesar.

Baca Juga: Tak Hanya Bikin Melek, Kopi Juga Lancarkan Metabolisme

Menurut para peneliti, kopi bubuk mengandung kahweol dan cafestol tingkat tertinggi – dua bahan yang dianggap melindungi terhadap penyakit hati. Idealnya untuk kesehatan hanya dianjurkan empat hingga lima cangkir kopi sehari.

Komentar