alexametrics

Jaga Kesehatan di Musim Kemarau, Ini 5 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

M. Reza Sulaiman | Dian Kusumo Hapsari
Jaga Kesehatan di Musim Kemarau, Ini 5 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi
Musim kemarau dan cuaca panas. (Shutterstock)

Indonesia bersiap memasuki musim kemarau yang dimulai sejak akhir bulan Juli. Di tengah cuaca panas yang menerpa, Anda harus menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

Suara.com - Indonesia bersiap memasuki musim kemarau yang dimulai sejak akhir bulan Juli. Di tengah cuaca panas yang menerpa, Anda harus menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

Tubuh kita terdiri dari sekitar 60 persen air, yang sangat penting untuk fungsi organ-organ kita. Kehilangan air melalui keringat yang berlebihan, muntah, diare, atau tidak cukup minum air, dapat menyebabkan kelelahan, pusing, sakit kepala, kejang, kenaikan denyut jantung dan suhu, penurunan tekanan darah, kerusakan ginjal, fungsi otak dan bahkan kematian. D

Untuk itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Simak lima cara sederhana untuk tetap terhidrasi berikut ini:

1. Air

Baca Juga: Bolehkah Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas? Begini Saran Ahli

Dilansir melalui News18, rata-rata orang dewasa harus minum sekitar 2-3 liter air setiap hari agar tetap terhidrasi. Jumlahnya akan meningkat pada suhu yang lebih panas dan selama periode aktivitas fisik yang intens.

Air mengandung beberapa mineral penting seperti zat besi, magnesium, natrium, kalsium dan kalium, yang diperlukan untuk pertumbuhan dan fungsi metabolisme kita. Mereka yang bekerja di luar ruangan harus membawa botol air.

Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)
Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)

2. Air kelapa

Kelapa yang belum matang penuh diisi air di dalamnya. Air kelapa memiliki rasa manis dan sedikit asin. Selain elektrolit, air kelapa kaya akan kalium dan juga mengandung natrium, kalsium, karbohidrat, serat, dan gula.

Air kelapa juga memiliki sifat anti-penuaan dan antimikroba juga. Karena kandungan potasiumnya yang tinggi, mereka yang menderita gangguan fungsi ginjal harus mencari nasihat medis sebelum minum air kelapa.

Baca Juga: Mengejutkan! Artis Ini Punya Kebiasaan Unik, Sudah 16 Tahun Minum Air Seni Sendiri

3. Teh dan kopi

Komentar