alexametrics

Anak Bosan PJJ, Ini 5 Tips Untuk Membuatnya Tetap Termotivasi untuk Belajar

Vania Rossa | Dian Kusumo Hapsari
Anak Bosan PJJ, Ini 5 Tips Untuk Membuatnya Tetap Termotivasi untuk Belajar
Ilustrasi PJJ atau belajar online (shutterstock)

PJJ rentan mengalami banyak gangguan dan godaan. Ini cara agar anak tetap fokus belajar.

Suara.com - Satu setengah tahun sudah anak melakukan pembelajaran jarak jauh alias PJJ. Tak sedikit yang merasa bosan dengan metode pembelajaran ini, karena tak bisa bertatap langsung dengan teman ataupun guru.

Terlebih, PJJ rentan mengalami banyak gangguan dan godaan, mulai dari masalah internet, perangkat, hingga godaan untuk bermalas-malasan.

Nah, supaya anak tak kehilangan motivasi untuk belajar, coba lakukan 5 tips berikut, seperti dilansir dari Pinkvilla.

1. Buat rutinitas
Langkah pertama yang bisa dilakukan orangtua adalah dengan membuat rutinitas yang ketat dan pastikan anak untuk menaatinya. Jangan sampai anak kehilangan fokus belajar. Buat jadwal belajar yang rutin dan pastikan anak menaatinya.

Baca Juga: Cari Hp Murah untuk Belajar Online? Perhatikan Kriteria Ini!

2. Tidur siang hanya di waktu yang telah ditentukan.
Di pagi hari saat anak belajar online, rasa kantuk bisa saja datang dan menggoda anak untuk tidur. Tapi, seperti halnya anak tidak akan tidur di dalam kelas saat belajar offline, Anda tentu juga tak akan membiarkan anak untuk tidur di pagi hari ketika masih jadwalnya PJJ. Lakukan tidur siang hanya di waktu yang telah ditentukan, yaitu setelah PJJ selesai.

3. Siapkan pojok belajar yang nyaman
Anak bisa kehilangan motivasi belajar karena tak adanya ruang khusus baginya untuk belajar dan berkonsentrasi. Jadi, tak ada salahnya Anda menyiapkan satu pojok belajar untuk anak, dan pastikan anak nyaman belajar di sana.

4. Biarkan anak berkomunikasi rutin dengan teman sekelasnya
Pastikan anak tetap berhubungan dengan teman sekelasnya. Anak bisa berdiskusi tentang PR, atau sekadar ngobrol lewat video call. Hal ini akan mengobati kerinduan mereka akan suasana sekolah.

5. Hindari menyuruh anak melakukan sesuatu saat sedang belajar
Saat anak sedang belajar, pastikan Anda tidak mengganggunya dengan urusan lain. Biarkan anak hanya fokus pada pembelajarannya.

Baca Juga: Pembelajaran Jarak Jauh, Bapak ini Buka Kantin di Rumah Buat Anaknya

Komentar