alexametrics

Punya Peran Penting, Puskesmas Dapat Bantuan APD Hingga Obat-obatan

Risna Halidi
Punya Peran Penting, Puskesmas Dapat Bantuan APD Hingga Obat-obatan
Ilustrasi APD. (Shutterstock)

Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, peran FKTP dan Puskesmas semakin vital.

Suara.com - Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau FKTP dan Puskesmas telah menjadi rujukan pertama ketika warga Indonesia membutuhkan bantuan medis.

Di masa pandemi seperti sekarang, peran FKTP dan Puskesmas pun semakin vital. Sayangnya tak semua Puskesmas dan FKTP memiliki sumber daya dan fasilitas memadai.

Melihat kendala tersebut, jaringan rumah sakit Mitra Keluarga melalui program MIKA Care, mendonasikan ribuan obat-obatan dan alat kesehatan yang terdiri dari termometer, rapid test antigen kit, APD dan Hand sanitizer.

Total dari donasi yang diberikan sama dengan senilai Rp3,6 Miliar yang nantinya akan dibagikan ke 80 Puskesmas yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Surabaya, dan Tegal.

Baca Juga: Stok Oksigen untuk Pasien Covid-19 di RS Medan Cukup

Hal itu dilakukan guna mendukung program 3T atau testing, tracing, dan treatment yang digaungkan oleh pemerintah pusat.

Dikatakan Corporate Brand Communication Management Mitra Keluarga, dr. Nurvantina Pandina, MM, peran Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama perlu didukung dan diperkuat oleh berbagai pihak.

"Untuk itu kami memberikan dukungan di lokasi kami beroperasi agar bersama-sama dapat mengelola, memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien dalam memutus mata rantai penularan, baik di level individu, keluarga dan masyarakat, yang merupakan bagian dari keluarga besar kami," katanya dikutip Suara.com dari siaran pers, Minggu, 25 Juli 2021.

CEO Mitra Keluarga, Ir. Rustiyan Oen, MBA, mengatakan sejak didirikan tahun 1989 lalu, Mitra Keluarga terus berkomitmen untuk melayani kesehatan masyarakat Indonesia. Pihaknya juga mengaku konsisten ikut serta bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

"Kami senantiasa berupaya memberikan kontribusi dan bergotong royong mendukung program Pemerintah serta terus mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan untuk mengatasi penyebaran Covid-19."

Baca Juga: LIVE: Dialog dan Sosialisasi GBBI Bersama Satgas Covid-19 Nasional

"Kami juga memberikan penghargaan kepada para tenaga kesehatan yang telah memberikan pengorbanan tanpa pamrih di garis terdepan," ujarnya.

Komentar