alexametrics

Resep Herbal untuk Penderita Asma Ala Dokter Zaidul Akbar, Seperti Apa?

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Resep Herbal untuk Penderita Asma Ala Dokter Zaidul Akbar, Seperti Apa?
Zaidul Akbar. (suara.com)

Hal ini karena kata dr. Zaidul sebagian besar penyakit bawaan bisa diperparah jika saluran usus untuk pencernaan tidak sehat.

Suara.com - Penyebab anak dan orang dewasa mengidap asma, biasanya karena faktor genetik atau keturunan. Sehingga salah satu cara yang disarankan Dokter Zaidul Akbar ialah wajib membersihkan usus atau detoks usus.

Hal ini karena kata dr. Zaidul Akbar sebagian besar penyakit bawaan bisa diperparah jika saluran usus untuk pencernaan tidak sehat.

"Kalau seandainya usus dan pencernaan diperbaiki, dia (penyakit) akan sembuh dengan sendirinya," ujarnya mengutip kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Rabu (28/7/2021).

Terapi detoksifikasi usus, kata dr. Zaidul bisa dengan menggunakan enema kopi guna mencuci semua isi perut dari sisa makanan. Ini karena kopi bisa berfungsi sebagai obat pencahar, itulah kenapa disebut dengan terapi enema kopi.

Baca Juga: Sudah Tidur tapi Masih Lelah? Ini Tips Istirahat dari Dokter Zaidul Akbar

Steroid inhaler (Freepik)
Ilustrasi penderita asma.  (Freepik)

dr. Zaidul juga mengatakan jika air kelapa punya manfaat serupa untuk detoks usus. Air kelapa tersebut tidak terbatas kelapa muda atau kelapa tua, tapi menurut dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) itu sebaiknya bukan air kelapa dalam kemasan.

"Kelapa ambil airnya tambahkan madu tambahkan habbatussauda diblender atau daduk. Diminum setiap hari pagi dan malam, itu salah satu cara untuk memperbaiki pencernaan kita," jelas dr. Zaidul.

Sementara itu, rempah atau herbal khusus asma yang disarankan dokter penggagas jurus sehat rasulullah (JSR) itu, yakni rempah yang bersifat volatile atau penguapan. Salah satu contoh rempah yang memiliki aroma, seperti air jahe, sereh, lengkuas, kapulaga.

"Itu rempah-rempah yang sangat baik untuk digunakan mengatasi asma, termasuk habbatussauda yang dibikin jamu. Gampangnya jahe, sereh, bunga lawang, tambahkan kapulaga, tambahkan dengan lengkuas, itu bisa direbus diminum airnya setiap hari kasih, lalu madu," pungkasnya.

Baca Juga: Cara Usir Lelah Usai Bekerja Ala Nabi, Ini Saran Dokter Zaidul Akbar