alexametrics

Penelitian: Suka Main Aplikasi Kencan Terkait dengan Masalah Mental

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Penelitian: Suka Main Aplikasi Kencan Terkait dengan Masalah Mental
Ilustrasi pengguna aplikasi kencan online. [Shutterstock]

Studi sebut bahwa pemakaian aplikasi kencan mungkin bisa terkait dengan masalah kesehatan mental.

Suara.com - Belakangan penggunaan aplikasi kencan semakin marak karena semakin banyak pula macamnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aplikasi kencan sering kali terkait dengan masalah kesehatan mental

Melansir dari Medical Xpress, pada perempuan yang mengalami gejala depresi dan kecemasan sosial dikaitkan dengan penggunaan aplikasi kencan yang lebih besar. Sementara pria sebaliknya.

Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang diterbitkan pada journal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking.

"Dengan meningkatnya gejala kecemasan sosial dan depresi, perempuan mungkin lebih cenderung beralih ke teknologi untuk koneksi sosial, terutama jika bentuk-bentuk alternatif kontak sosial berkurang karena penghindaran sosial," ujar Martin Antony dari Ryerson University.

Baca Juga: Suka Overthinking sampai Tak Bisa Tidur? Simak Saran Ahli Berikut

Di antara laki-laki, semakin besar gejala kecemasan sosial dan depresi mereka, semakin kecil kemungkinannya mereka untuk memulai kontak dengan pertandingan pada aplikasi kencan seluler.

Ilustrasi aplikasi kencan online (Shutterstock).
Ilustrasi aplikasi kencan online (Shutterstock).

"Dengan aplikasi kencan seluler semakin mencari dalam lanskap kencan hari ini, studi penelitian seperti Profesor Antony sangat penting untuk memahami kemampuan mereka serta kekurangan mereka," kata Editor-in-Chief Brenda K. WiederHold, MBA, BCB , BCN, Interaktif Media Institute, San Diego, California dan Virtual Reality Medical Institute, Brussels, Belgia.

Melansir dari Verrywell Mind, penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa orang yang sering menggunakan aplikasi kencan mungkin memiliki lebih banyak gejala kecemasan sosial dan depresi.

"Meskipun penelitian ini tidak membangun hubungan sebab akibat, penggunaan aplikasi kencan dapat berkontribusi pada kecemasan dan depresi," kata Soltana Nosrati, LCSW, seorang pekerja sosial di Novant Health.

"Dengan aplikasi kencan, Anda melihat lusinan orang, dan Anda hanya dicocokan dengan orang-orang yang profilnya Anda sukai dan yang juga menyukai Anda. Jika Anda tidak pernah cocok dengan orang yang Anda sukai, itu bisa terasa seperti penolakan terus-menerus dan tak baik untuk mental" katanya.

Baca Juga: Depresi Sayat Tangan Sendiri Pakai Silet, Bule Inggris Diterbangkan ke Bali