alexametrics

Biasa Dibuang, 7 Biji Buah-Buahan Ini Ternyata Punya Manfaat Kesehatan

Vania Rossa
Biasa Dibuang, 7 Biji Buah-Buahan Ini Ternyata Punya Manfaat Kesehatan
Ilustrasi biji semangka (Pixabay/PDIPics)

Ternyata beberapa biji buah-buahan punya manfaat kesehatan yang tak banyak diketahui orang.

Suara.com - Ketika mengonsumsi buah, selain mengupas kulitnya, kita juga akan membuang biji buah. Sangat jarang kita makan buah bersama dengan bijinya, kecuali beberapa jenis buah tertentu yang memang harus dimakan bersama bijinya.

Tapi tahukah Anda, ternyata beberapa biji buah-buahan punya manfaat kesehatan yang tak banyak diketahui orang. Dan mirisnya, biji buah-buahan ini lebih sering dibuang daripada dikonsumsi.

Dilansir dari Bright Side, yuk cari tahu biji buah-buahan apa saja yang memberi manfaat kesehatan lebih jika dikonsumsi!

1. Biji semangka untuk kesehatan kulit
Banyak orang memilih semangka tanpa biji karena malas berurusan dengan biji semangka yang berwarna hitam dan berukuran kecil ini. Padahal, biji semangka kaya akan vitamin C dan antioksidan yang ampuh untuk mengatasi kulit berjerawat dan membantu mendapatkan kulit yang lebih baik secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Buah yang Rendah Kontaminasi Pestisida, Apa Saja?

2. Biji pepaya untuk kesehatan pencernaan
Biji pepaya biasanya kita buang sebelum memotong dan memakan buahnya. Sedikit yang tahu bahwa biji pepaya kaya akan enzim yang dikenal sebagai papain, yang membantu meningkatkan kemampuan sistem pencernaan.

3. Biji delima untuk menurunkan berat badan
Untunglah, buah yang satu ini memang dikonsumsi bersmaa dengan bijinya. Biji delima mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, yang salah satu fungsinya adalah membantu menurunkan berat badan.

4. Biji alpukat untuk kesehatan jantung
Buah alpukat dikenal sebagai salah satu buah paling sehat. Namun, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa biji alpukat adalah sumber nutrisi yang lebih baik namun kurang dimanfaatkan. Biji alpukat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

5. Biji jeruk untuk penambah energi
Rasanya, tak pernah ada yang terpikir untuk makan biji jeruk. Padahal, biji jeruk dapat mempercepat tingkat energi dalam tubuh.

6. Biji pir Afrika untuk gigi sehat
Pir Afrika, atau Dacryodes edulis, adalah buah yang memiliki berbagai khasiat obat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Di sisi lain, bijinya juga sarat dengan nutrisi dalam jumlah tinggi, termasuk kalsium yang berkontribusi pada pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan gigi.

Baca Juga: 6 Buah-buahan yang Baik untuk Penderita Darah Rendah

7. Biji markisa untuk kesehatan mental
Sama seperti delima, buah markisa juga kerap dimakan bersama dengan bijinya. Telah terbukti bahwa biji markisa kaya akan magnesium, yang dapat membantu orang dalam mengelola tingkat kecemasan mereka.

Komentar