alexametrics

Kurang TIdur Berdampak pada Kepribadian, Ini 5 Efek Negatifnya

Bimo Aria Fundrika | Dinda Rachmawati
Kurang TIdur Berdampak pada Kepribadian, Ini 5 Efek Negatifnya
Ilustrasi kurang tidur (Pexels).

Tidur malam yang lebih pendek, memengaruhi karyawan dengan meningkatkan risiko mengirimkan email kerja yang marah-marah di pagi hari.

Suara.com - Kurang tidur menjadi masalah yang sering dialami banyak orang. Bukan cuma dapat memengaruhi kesehatan fisik, kemungkinan besar ini akan berdampak pada kepribadianmu dan caramu memperlakukan orang lain.

Dilansir The Sun, sebuah studi baru yang dilakukan pada para karyawan diterbitkan minggu ini. Studi itu menemukan jika kelelahan dapat memengaruhi kekasaran dalam diri seseorang, yang terlihat saat mereka berkirim email.

Tidur malam yang lebih pendek, memengaruhi karyawan dengan meningkatkan risiko mengirimkan email kerja yang marah-marah di pagi hari. Ia juga ebih cenderung mengabaikan permintaan rapat dan membuat lebih banyak komentar yang merendahkan atau menghina saat bekerja.

Studi ini juga menemukan bahwa orang yang kurang tidur memiliki kemungkinan untuk bersikap kasar atau tidak sopan dalam email atau pesan teks kepada siapa pun yang mereka kenal.

Baca Juga: Tidur di Rel, Pria di Sumut Tewas Ditabrak Kereta Api

Ilustrasi kurang tidur dan istirahat. (Shutterstock)
Ilustrasi kurang tidur dan istirahat. (Shutterstock)

Tapi bukan hanya bagaimana kamu berkomunikasi melalui teks dan email yang berdampak saat kamu kurang tidur. Ahli tidur dari Wellness Lifestyle Jeff Spiers mengatakan bila kita kurang tidur, hal itu juga berdampak pada banyak aspek kepribadian kita.

“Kurang tidur mengarah pada respons emosional yang tidak rasional karena amigdala, area otak yang merupakan pusat kendali emosi kita, terkena dampak negatif," jelasnya. 

Amigdala, lanjut Jeff, bereaksi berlebihan terhadap rangsangan negatif karena menjadi area otak yang terputus yang biasanya memoderasi responsnya.

"Dalam penelitian, amigdala menunjukkan aktivitas 60 persen lebih banyak pada mereka yang kurang tidur daripada mereka yang tidur nyenyak. Bukan hanya kita kurang produktif tanpa tidur, itu bisa membuat kita menjadi orang yang sama sekali berbeda," lanjut dia.

Di sini Jeff Spiers menguraikan bagaimana tidur yang buruk dapat memengaruhi kepribadianmu.

Baca Juga: 6 Tanaman Ini Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak, Koleksi Sekarang yuk!

1.Kontrol diri

Komentar