alexametrics

Ahli Temukan Perbedaan Gejala Virus Corona Covid-19 Antar Usia dan Jenis Kelamin

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Ahli Temukan Perbedaan Gejala Virus Corona Covid-19 Antar Usia dan Jenis Kelamin
Ilustrasi virus corona Covid-19. [Shutterstock]

Gejala virus corona Covid-19 bisa berbeda antar usia dan jenis kelamin.

Suara.com - Umumnya, gejala virus corona Covid-19 berupa batuk terus-menerus, demam hingga kehilangan indra penciuman, dan rasa. Tapi, sekarang para ahli menemukan gejala virus corona Covid-19 bisa berbeda tergantung pada beberapa faktor.

Para peneliti telah menguji berbagai gejala virus corona Covid-19 dan menemukan adanya perbedaan mencolok di antara orang usia 16-59 tahun dan orang dari kelompok lansia usia 60-80 tahun.

Data mengenai gejala virus corona Covid-19 yang dialami para pasien ini diambil dari aplikasi ZOE Symptom Tracker dan dianalisis oleh para ahli di King;s College London.

Studi yang dipublikasikan di The Lancet juga melihat adanya perbedaan gejala virus corona Covid-19 di antara orang yang bekerja di layanan kesehatan dan tidak.

Baca Juga: Waspadai Bintik Hitam pada Mata, Virus Corona Covid-19 Bisa Serang Retina

Para ahli menggunakan model pembelajaran mesin yang mengungkapkan bahwa tanda-tanda awal virus corona Covid-19 berbeda antar kelompok usia dan jenis kelamin.

Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

Para ahli menyatakan bahwa 18 gejala virus corona Covid-19 yang telah diperiksa memiliki relevansi yang berbeda untuk deteksi dini pada kelompok orang yang berbeda pula.

Ketika deteksi dini, para ahli mengatakan gejala utama virus corona adalah kehilangan indra penciuman, nyeri dada, batuk terus-menerus, sakit perut, lecet pada kaki, nyeri mata dan nyeri otot tak biasa.

Tapi, mereka menemukan bahwa kehilangan indra penciuman akibat virus corona terlihat signifikan di antara orang usia 60 tahun ke atas dibandingkan orang usia 80 tahun ke atas. Gejala virus corona lainnya, seperti diare juga sering terjadi pada orang usia 60-80 tahun.

"Pada orang usia 60-79 tahun, nyeri dada, nyeri otot tak biasa, sesak napas, dan kehilangan indra penciuman adalah gejala virus corona yang paling relevan," kata para ahli dikutip dari The Sun.

Baca Juga: Asal Usul Virus COVID-19 Varian Delta Plus

Sedangkan, orang usia 80 tahun ke atas cenderung mengalami gejala virus corona berupa diare, sakit tenggorokan, nyeri dada, nyeri otot tak biasa, nyeri mata, kedinginan dan menggigil.

Komentar