alexametrics

Gejala Virus Corona dan Penyakit Musim Hujan Mirip, Ini Cara Membedakannya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Gejala Virus Corona dan Penyakit Musim Hujan Mirip, Ini Cara Membedakannya!
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

Berikut cara membedakan gejala virus corona Covid-19 dan penyakit musim hujan.

Suara.com - Memasuki musim hujan, semua orang tidak hanya menghadapi ancaman virus corona Covid-19 tetapi juga berbagai penyakit musim hujan. Salah satunya, penyakit yang disebabkan oleh angin monsun.

Penyakit monsun biasanya menyebabkan gejala yang nampak seperti virus corona Covid-19. Penyakit ini bisa mempengaruhi kondisi mental dan kesejahteraan fisik penderitanya.

Banyak orang yang menderita penyakit monsun mengalami kebingungan. Supaya Anda tidak salah mendeteksi kondisi ini, maka perlu memahami perbedaan gejala penyakit monsun dan virus corona Covid-19.

Dilansir dari Times of India, ada banyak jenis penyakit monsun yang muncul selama musim hujan.

Baca Juga: Ahli Temukan Perbedaan Gejala Virus Corona Covid-19 Antar Usia dan Jenis Kelamin

  1. Penyakit yang ditularkan melalui nyamuk, seperti demam berdarah, malaria dan chikungunya
  2. Infeksi virus, seperti flu biasa dan demam
  3. Infeksi yang ditularkan melalui Udara, seperti kolera dan tipus
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona Covid-19. (Pixabay)

Virus corona Covid-19 sendiri adalah penyakit yang berdampak pada sistem pernapasan dan secara perlahan akan menyerang seluruh tubuh. Hal ini disebabkan oleh virus corona Covid-19 yang bermutasi menjadi varian berbeda.

Karena virus corona Covid-19 pertama kali menyerang saluran pernapasan, maka penyakit ini bisa menyebabkan gejala berupa batuk, sakit tenggorokan, kehilangan indra penciuman dan rasa, sesak napas dan penurunan kapasitas paru-paru.

Dalam segi dampak, penularan dan tingkat keparahan, virus corona Covid-19 adalah penyakit yang sangat berbeda dengan penyakit monsun. Tapi, keduanya memang memiliki kemiripan dari gejalanya.

Seperti penyakit monsun yang ditularkan melalui nyamuk, bisa menyebabkan gejala demam tinggi, kelelahan, nyeri sendi dan otot yang mirip gejala virus corona.

Flu biasa akibat penyakit monsun dan virus corona Covid-19 juga sama-sama penyakit pernapasan, yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan, batuk, demam, nyeri tubuh, hidung tersumbat dan lainnya.

Baca Juga: Dokter Temukan 2 Gejala Virus Corona Covid-19 di Sekitar Wajah

Lalu, tipus dan kolera juga bisa menyebabkan demam, nyeri otot dan sendi, kelelahan dan lemas, menggigil, pusing, berkeringat, dehidrasi, lemas dan kehilangan nafsu makan yang umum pada pasien Covid-19.

Komentar