alexametrics

Berenang Tak Hanya Menyehatkan, Namun Tingkatkan Kemampuan Kosakata Anak

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Berenang Tak Hanya Menyehatkan, Namun Tingkatkan Kemampuan Kosakata Anak

Berenang disebut baik untuk meningkatkan kemampuan menyerap kosa kata anak.

Suara.com - Anak-anak yang belajar berenang bukan hanya menyehatkan fisik tapi juga meningkatkan kemampuan kosakata. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh latihan motorik dalam berenang yang tingkatkan kemampuan kosakata. 

Melansir dari Medicinenet, penelitian yang diterbitkan pada Journal of Speech, Language and Hearing Research ini mengamati dari 48 anak usia 6 hingga 12 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa perenang melakukan 13 persen lebih baik dalam ujian tindak lanjut dari kata-kata baru. 

"Gerakan motor membantu dalam mengkodekan kata-kata baru," kata Madison Pruit, mantan perenang perguruan tinggi yang melakukan penelitian sebagai mahasiswa pascasarjana di Universitas Delaware.

Pruitt mengatakan latihan berenang meningkatkan kadar faktor neurotropik yang diturunkan otak, protein yang disebut  'Miracle-Gro of the brain'.  Sehingga berpotensi pada kemampuan penyerapan kosakata baru pada anak. 

Baca Juga: Cobalah Berenang 3 Kali Seminggu, Rasakan 5 Efeknya pada Tubuh dan Wajah

"Ini tentang jumlah energi yang diminta setiap latihan otak," kata Pruitt. 

Ilustrasi anak berenang, anak tenggelam. (Shutterstock)
Ilustrasi anak berenang, anak tenggelam. (Shutterstock)


Berenang adalah kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak tanpa banyak pemikiran atau instruksi. Hal ini yang membuatnya juga baik unruk meningkatkan kemampuan dalam menyerap kata baru.

Rekan Penulis Studi Giovanna Morini asisten profesor ilmu dan gangguan komunikasi, dan penasihat Pruitt tentang penelitian ini menyatakan bahwa penelitian sangat membantu.

"Kami sangat bersemangat tentang penelitian ini karena itu berlaku untuk dokter, pengasuh, dan pendidik yang dapat mempraktikkannya," kata Morini dalam rilis.

"Ini hal-hal sederhana, tidak ada yang luar biasa. Tapi itu bisa benar-benar membantu meningkatkan kemampuan anak-anak," imbuhnya. 

Baca Juga: Ikan-ikan Dasar Laut Naik ke Permukaan: Ada yang Berenang Perlahan