alexametrics

Mengenal Okuloplasti, Bedah Plastik Mata dan Efek Sampingnya

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Mengenal Okuloplasti, Bedah Plastik Mata dan Efek Sampingnya
Ilustrasi operasi mata [shutterstock]

Bukan hanya wajah, bedah plastik juga bisa dilakukan pada bagian mata. Bedah plastik mata itu dikenal dengan istilah bedah okuloplasti.

Suara.com - Bukan hanya wajah, bedah plastik juga bisa dilakukan pada bagian mata. Bedah plastik mata sendiri dikenal dengan istilah bedah okuloplasti.

Bedah okuloplasti merupakan bedah untuk memperbaiki struktur dan fungsi rekonstruksi mata. Bedah ini merupakan salah satu cara untuk memperindah estetika di daerah mata.

Pembedahan ini dapat mengatasi masalah kelopak mata turun atau ptosis, pinggiran kelopak mata yang melipat ke dalam (entropion), kulit kelompok mata bagian bawah (ektropion), pembedahan kelopak mata, serta overaktivitas otot kelopak mata.

Lalu, berapa lama proses okuloplasti dan apa saja efek sampingnya?

Baca Juga: Penglihatan Buram Tanda Wajib Pakai Kacamata Baca? Ini Kata Dokter Mata

Kata Dokter Spesialis Mata Rekonstruksi dr. Mufida Dwi Nurhayati, semua bisa tergantung dengan tindakan yang dikerjakan.

"Kalau operasi hanya sayatan kecil, itu hanya tiga atau lima hari. Tapi kalau operasi okuloplasti, rata-rata butuh waktu satu sampai dua minggu," ungkapnya pada acara Tampil Percaya Diri dengan mata Sehat dan Indah, Kamis (12/8/2021).

Meski jarang terjadi, namun ada beberapa efek samping setelah tindakan bedah mata. Efek samping yang dimaksud seperti infeksi dan pendarahan. Namun, khusus tindakan operasi okuloplasti, kerap ditandai dengan peradangan dan bengkak yang cukup lama.

"Bekas operasi membutuhkan waktu sembuh, selama bekasnya satu atau dua minggu masih normal. Tapi kalau masih ada efeknya, itu yang kita sebut komplikasi," pungkasnya.

Baca Juga: Mantan Mata-Mata Rusia Ungkap Masa Lalu Kelam, Jatuh Cinta dengan Target Sendiri

Komentar