alexametrics

WFH Bikin Mata Lelah? Sering-Seringlah 'Cuci Mata'

Vania Rossa
WFH Bikin Mata Lelah? Sering-Seringlah 'Cuci Mata'
Ilustrasi mata lelah saat WFH. (Shutterstock)

Cuci mata bisa bikin penglihatanmu kembali nyaman.

Suara.com - Seharian berada di depan layar laptop untuk bekerja, bisa bikin mata lelah. Terlebih saat WFH, kamu kerap tak sadar waktu kalau sudah bekerja. Tanpa terasa, kamu sudah berjam-jam berada di depan layar tanpa sedikit pun mengalihkan pandangan ke arah lain. Mata jadi pegal, bahkan tak jarang perih dan berair.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang DKI Jaya, dr. Elvioza, SpM(K), menyarankan untuk sering-sering 'cuci mata' untuk membantu menyegarkan mata.

Melihat pemandangan indah yang bernuansa hijau, seperti tanaman, bisa membantu menyegarkan mata yang penat setelah lelah melihat layar laptop selama bekerja atau belajar di rumah.

"Ada istilah Triple 20. Setelah kerja 20 menit (melihat layar), lihat ke kejauhan selama 20 detik sejauh 20 meter. Ketika kita melihat ke kejauhan, mata relaksasi, makanya kalau melihat jauh istilahnya cuci mata," ujar dr. Elvioza dalam konferensi pers secara daring, Kamis (12/8/2021), mengutip dari Antara.

Baca Juga: Penglihatan Buta Mendadak, Waspada Penyakit Wet-AMD Mengintai

Menatap layar gadget terus-menerus membuat mata bekerja keras karena kamu harus melihat objek dari dekat. Definisi dekat di sini adalah jarak antara mata dan layar kurang dari enam meter. Sementara, seseorang yang bekerja atau belajar dari rumah biasanya berhadapan dengan layar lptop dalam jarak lebih dekat dari enam meter.

Ketika melihat objek dari dekat, otot mata berkontraksi. Sebaliknya, melihat objek di kejauhan membuat mata relaksasi.

"Itu sebabnya, saat pandemi di mana bekerja melihat komputer, melihat jarak dekat terus menerus, beban untuk mata lebih tinggi, jadi banyak terjadi kelelahan mata," kata dr. Elvioza.

Beban mata yang lebih tinggi saat WFH akibat penggunaan laptop ini kemudian menciptakan sindroma pengguna komputer (computer vision syndrome), dengan ciri khas keluhan penglihatan buram dan juga mata lelah akibat melihat objek dari dekat dalam waktu lama.

Baca Juga: Penglihatan Buram Tanda Wajib Pakai Kacamata Baca? Ini Kata Dokter Mata

Komentar