alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Makan Tape dan Minum Minuman Beralkohol Dilarang Usai Vaksin Covid-19?

M. Reza Sulaiman
CEK FAKTA: Benarkah Makan Tape dan Minum Minuman Beralkohol Dilarang Usai Vaksin Covid-19?
Ilustrasi tape uli (Shutterstock)

Beredar pesan yang menyebut makan tape atau minum minuman beralkohol lainnya dilarang usai mendapatkan vaksin Covid-19. Simak cek fakta dari Suara.com, berikut ini.

Suara.com - Beredar di media sosial, pesan berantai yang menyebut makan tape atau minum minuman beralkohol lainnya dilarang usai mendapatkan vaksin Covid-19. Simak cek fakta dari Suara.com, berikut ini untuk mengetahui kebenarannya.

Pesan berantai tersebut tersebar di aplikasi perpesanan WhatsApp, yang menyebut usai vaksinasi Covid-19 tidak boleh minum minuman beralkohol dan makan tape.

"Jangan minum atau makan yang berbau alkohol, termasuk tape ya kan ada fermentasinya alkohol, dll nya itu," tulis pesan berantai tersebut.

Lalu seperti apa kebenarannya?

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Orang yang Sudah Divaksin Lebih Banyak Terpapar Varian Delta?

Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (1/4/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (1/4/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Melansir laman NPR, konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah tinggi memang berisiko menurunkan respons sistem kekebalan tubuh.

Namun menurut Richard Kennedy dari Mayo Clinic, sistem kekebalan tubuh yang menurun hanya terjadi pada orang yang konsumsi minuman beralkoholnya sangat tinggi.

"Jika hanya minum sesekali, tidak setiap hari dan tidak dalam jumlah banyak, saya kira tidak ada pengaruhnya," tutur Kennedy.

Lalu bagaimana dengan minuman bersoda? Melansir New York Times, salah satu peneliti dari Departemen Kesehatan Umum Universitas Harvard, Vasanti S. Malik menyatakan bahwa mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama memang berbahaya bagi kesehatan, namun bukan karena minuman bersoda dapat mempengaruhi keefektifan vaksin.

Sementara itu laman Turnbackhoax.id mencatat Narasi serupa juga pernah beredar pada Maret 2021 lalu, yang menyatakan bahwa setelah menerima vaksin Covid-19, tidak diperbolehkan mengonsumsi minuman beralkohol setidaknya selama 5 bulan.

Baca Juga: CEK FAKTA: Covid-19 Varian Delta Lebih Rentan Meninggal ke Orang yang Sudah Divaksin

Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] “setelah vaksin Covid-19 selama 5 bulan tak boleh minum yg mengandung alkohol” yang diunggah pada 28 Maret 2021.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar