facebook

Cara Aman Konsumsi Makanan Manis Tanpa Takut Gula Darah dan Berat Badan Naik

Vania Rossa | Lilis Varwati
Cara Aman Konsumsi Makanan Manis Tanpa Takut Gula Darah dan Berat Badan Naik
Konsumsi makanan manis (Shutterstock)

Simak tipsnya langsung dari ahli gizi.

Suara.com - Gula menjadi pantangan terbesar bagi para pengidap diabetes, juga sering kali dihindari oleh orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Akan tetapi, makanan manis dan juga minuman manis juga sering kali menggiurkan untuk dikonsumsi sebagai camilan dengan alasan meningkatkan mood.

Dalam menerapkan pola makan, memang dianjurkan untuk selalu konsumsi gizi yang seimbang. Tetapi sebaiknya juga dilakukan dengan fleksibel.

"Kita juga harus menjalani diet itu yang enjoyable, nggak boleh kita terlalu saklek, terlalu kaku. Tapi kita juga harus tahu kapan bisa kita makan dan batasi," kata ahli gizi klinik dr. Juwalita Surapsari Sp. GK., dalam webinar Re.juve, Rabu (18/8/2021).

Trik diet enjoy menurut dokter Juwalita, sebenarnya tidak apa-apa untuk menambah gula ke dalam masakan karena biasanya tidak akan berlebihan. Sementara batasan aman asupan gula harian maksimal 4 sendok makan per hari.

Baca Juga: Amankah Pasien Diabetes dengan Gula Darah Tinggi Suntik Vaksin Covid-19?

Akan tetapi, yang harus dihindari adalah produk yang mengandung gula tambahan dan sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan untuk dikonsumsi.

"Contoh, kita ingin konsumsi susu. Itu ada dua pilihan, ada susu yang memang tidak ditambahkan gula, ada dia yang flavor. Jadi kalau sudah flavor milk, biasanya kandungan gula yang ditambahkan di luar laktosa," ucapnya.

Minuman lainnya juga seperti teh atau kopi, keduanya sudah pasti mengandung gula tambahan. Sehingga disarankan jika ingin konsumsi minuman maupun makanan manis, sebaiknya ganti dengan yang mengandung gula alami, seperti buah atau susu murni.

"Kita ambil jus buah dan sayur misalnya. Atau sekali-kali kita ingin makan cake, tidak apa-apa asalkan jangan sampai ada minuman manis lagi yang sama. Itu kita tetap enjoy dengan makanan kita, tapi tidak akan melampaui batas asupan gula," pungkasnya.

Baca Juga: Terungkap! Ini 5 Tips Turunkan Berat Badan Tanpa Harus Berolahraga

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar