alexametrics

Amankah Pasien Diabetes dengan Gula Darah Tinggi Suntik Vaksin Covid-19?

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Amankah Pasien Diabetes dengan Gula Darah Tinggi Suntik Vaksin Covid-19?
Diabetes, gula darah tinggi (Pixabay/stevepb)

Para ahli menegaskan bahwa tidak ada hubungan antara vaksin Covid-19 dengan kadar gula darah tinggi pada pasien diabetes.

Suara.com - Pasien diabetes salah satu kelompok yang berisiko tinggi terinfeksi virus corona Covid-19, terutama ketika lonjakan kadar gula darah tinggi dan tak terkontrol.

Infeksi virus corona Covid-19 tidak hanya berisiko besar mempengaruhi kehidupan pasien diabetes, tetapi juga bisa meningkatkan kemungkinan infeksi jamur hitam atau mucormycosis.

Karena itu, penderita diabetes perlu menerima suntikan vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 adalah tiruan dari infeksi virus corona yang juga mengaktifkan respons imun dalam tubuh.

Sehingga kebanyakan orang akan mengalami beberapa efek samping setelah suntik vaksin Covid-19. Tapi, suntikan vaksin Covid-19 ini sama sekali tidak terkait dengan lonjakan kadar gula darah seseorang.

Baca Juga: Hidung Tersumbat akibat Virus Corona Covid-19, Lakukan 3 Cara Alami Ini!

Meski begitu, banyak penderita diabetes yang mungkin ragu atau ketakutan suntik vaksin Covid-19 ketika kadar gula darah tinggi. Direktur AIIMS Bhopal, Dr. Sarman Singh mengatakan bahwa orang dengan gula darah tinggi bisa suntik vaksin Covid-19, karena tidak ada hubungan antara vaksin dan kadar gula darah.

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Pexels/Gustavo)
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Pexels/Gustavo)

Sementara itu dilansir dari Times of India, menjaga kadar gula darah tetap disarankan untuk menjaga kesehatan pasien diabetes secara keseluruhan. Dr. Singh mengklarifikasi bahwa vaksin Covid-19 tidak akan mengganggu kadar gula darah seseorang.

Mengingat vaksin COVID tidak memiliki hubungan dengan kadar gula darah dalam tubuh, para ahli merekomendasikan pasien diabetes untuk suntik vaksin Covid-19 sesegera mungkin.

Apalagi, sekarang ini banyak varian virus corona yang dikhawatirkan lebih menular dan berbahaya. Maka semua orang disarankan melakukan tindakan pencegahan yang lebih ketat dan suntik vaksin Covid-19, terutama kelompok yang berisiko.

Jika Anda penderita diabetes dan tiba-tiba mengalami lonjakan kadar gula darah, ada beberapa hal yang harus diingat. Menurut Dr Singh, vaksin Covid-19 tak ada hubungannya dengan kadar gula darah.

Baca Juga: Pulih dari Virus Corona Covid-19, Begini Cara Atasi Batuk Kering dan Berdahak!

Jika kadar gula dapat dikendalikan, lebih baik mengambil tindakan seperti itu. Jika kadar gula darah sangat tinggi, maka Anda mungkin akan merasakan sakit yang lebih pada area suntikan. Selain itu, orang dengan kadar gula darah tinggi mungkin juga rentan terhadap infeksi dari tempat vaksinasi.

Komentar